Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII

Alifa Sekar Ananda, Heri Retnawati

Sari


Abstrak. Indonesia memperoleh peringkat 73 dari 79 negara partisipan PISA di tahun 2018. Dari peringkat tersebut bisa disimpulkan bahwa peserta didik tidak terbiasa dengan soal HOTS. Penelitian ini betujuan untuk mendiskripsikan muatan HOTS pada bagian materi, contoh soal, dan soal buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan membahas konten. Sumber data penelitian yang digunakan adalah buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kandungan HOTS tidak lebih dari setengah dari keseluruhan. Pada bagian materi, muatan HOTS yang terkandung sebesar 19% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 16%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 3%. Pada bagian contoh soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 42% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 3%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 39%. Sedangkan pada bagian soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 38% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 11%, mengevaluasi (C5) sebesar 2%, dan mencipta (C6) sebesar 25%.

Kata Kunci: Analisis Konten, Buku Teks, Higher Order Thinking Skills (HOTS).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria, Virginia USA: ASCD.

Dwirahayu, G. (2013). Strategi Pembelajaran Eksploratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis. Jakarta: Paper presented at the Mengembangkan Kebiasaan Berpikir Matematik.

Hartini, P., Setiadi, H., & Ernawati. (2021). Cognitive Domain Analysis (LOTS and HOTS) Assesment Instruments Made by Primary School Teachers. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 16-24. doi:https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.34411

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Acceh. Jurnal Peluang, 4(1), 5-11. doi:http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/ article/view/5853

Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R., Harningsih, E., Ghassani, D., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 1131-1150. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276

Marada, R. (2021). Pengembangan Instrumen Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Normalita, 9(2), 188-194. doi:https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/441

Netriwati. N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190. doi:https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.32

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 19-27. doi:https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.19-27

Nurjanah, M. (2021). Implementasi LOTS dan HOTS Pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 3(2), 70-79 doi:https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36

Pratama, G. S. (2019). Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Buku Teks Matematika SMP (Komparasi Buku Indonesia dan Malaysia). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203-2010. doi:https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35

Putra, F. G., Widyawati, S., Asyhari, A., & Putra, R. W. Y. (2018). The Implementation of Advace Organizer Model on Mathematical Communication Skills in Terms of Learning Motivation. TADRIS: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 41-46. doi:https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2208

Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EDULIB: Jurnal of Library and Information Science, 5(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269. doi:https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sari, D. C. (2015). Karakteristik Soal TIMSS. Yogyakarta: Paper presented at the Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. Singapore: OECD.

Sutria, D. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas VC SD Negeri 47 Kota Jambi. Jurnal Persona Dasar, 7(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.24815/pear.v7i1.13530

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Oppoturnity to Learn Context Based Tasks Provided by Mathematics Textbook. Educational Stidues in Mathematics, 89(1), 41-65. doi:https://doi.org/10.1007/s10649-015-9595-1

Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 200-220. doi:https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17774




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8084

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>