Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan

Hanifah Rizki Mubarokah, Didik Sugeng Pambudi, Nurcholif Diah Sri Lestari, Dian Kurniati, Dhanar Dwi Hary Jatmiko

Sari


Abstrak. Kemampuan berpikir komputasi sangat penting untuk dikembangkan sehingga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam merancang bahan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi 6 orang subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa terpilih dari 25 siswa kelas VIII G SMP Nuris Jember. Instrumen penelitan berupa soal tes pola bilangan, pedoman wawancara serta lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 siswa menunjukkan 16% siswa yang mempunyai kemampuan berpikir komputasi rendah, 64% siswa yang mempunyai kemampuan berpikir komputasi sedang, dan 20% yang mempunyai kemampuan berpikir komputasi tinggi. Siswa kelas VIII G rata-rata mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir komputasi yaitu dekomposisi, berpikir algoritma, pengenalan pola. Namun, belum maksimal pada indikator abtraksi dan generalisasi. Siswa dengan kemampuan berpikir komputasi tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, berpikir algoritma, pengenalan pola, dan abtraksi dan generalisasi. Walaupun, pada tahap abstraksi dan generalisasi masih terdapat kesalahan. Siswa dengan kemampuan berpikir komputasi sedang mampu memenuhi indikator dekomposisi, berpikir algoritma, dan pengenalan pola. Siswa dengan kemampuan berpikir komputasi rendah mampu memenuhi indikator dekomposisi dan berpikir algoritma, namun masih terdapat beberapa kesalahan.

Kata Kunci: Berpikir Komputasi, Numerasi, Pola bilangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). A K-6 Computational Thinking Curriculum Framework: Implications for Teacher Knowledge. Educational Technology and Society, 19(3), 47–57.

Arifin, M. (2020). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen. Sukabumi: Haura Publishing

Barr, C., & Stepphenson, C. (2011). Bringing Computational Thinking to K-12: What is Involved and What is The Role of The Computer Science Education Community. ACM Inroads, 2(1), 48-54.

Budiharjo, B. (2018). Matematika Paket B Setara SMP/MTs Kelas VIII Modul Tema 6 : Penomeran dan Posisi Rumah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cahdriyana, R., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.

Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational Thinking: A Guide for Teachers. Computing At School, 18(1), 1-10.

Danindra, L. S. (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p95-103.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fauji, T., Sampoerna, P. D., & Hakim, L. E. (2022). Penilaian Berpikir Komputasi sebagai Kecakapan Baru dalam Literasi Matematik. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Alauddin Makasar, 598–514.

Haseski, H. I., Ilic, U., & Tugtekin, U. (2018). Defining a New 21st Century Skill-Computational Thinking: Concepts and Trends. International Education Studies, 11(4), 29-39. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p29.

Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.

Kuo, W. C., & Hsu, T. (2020). Learning Computational Thinking without a Computer How Computational Participation Happens in a Computational Thinking Board Game. Asia Pasific Education Research, 29(1), 67-83.

Kurniawati, R. P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020). Mathematic Literation Abilities Based on Problem Solving Abilities in First Class 4 Of Elementary School. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 487(2), 186–192. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.033

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lutfiasari, Aprilia Azizah; Setiawani; Suharto. (2019). Analisis Proses Berpikir Kombinatorik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. Jember: Universitas Jember.

Marion, Zulkardi, S. (2015). Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba Di Smp. Jurnal Kependidikan, 45(1), 44–61.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of athematics and Education, 5(9), 566–575.

Utaminingsih, R., & Subanji, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Program Linear Dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5656

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Assesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Kemendikbud.

Yadav, A., Hong, H., & Stephenson, C. (2016). Computational Thinking for All: Pedagogical Approaches to Embedding 21st Century Problem Solving in K-12 Classrooms. TechTrends, 60(6), 565–568. https://doi.org/10.1007/s11528-016-0087-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>