Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial

Sintha Sih Dewanti, Khozainul Muna

Sari


Abstrak. Kemampuan komunikasi matematis memiliki peranan penting dalam kehidupan. Penelitian dilakukan guna mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmetika sosial. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian merupakan 82 siswa kelas VII SMPN 5 Ngawi dan 72 siswa dari kelas VII MTs Al Istiqomah Madiun. Teknik pengambilan data dengan memberikan instrumen tes. Terdapat beberapa indikator kemampuan komunikasi matematis, 1) Menyajikan kejadian sehari-hari ke istilah matematika, 2) Menjelaskan atau merumuskan pertanyaan matematika yang relevan dengan pernyataan atau cerita, 3) Menghubungkan benda nyata, gambar, tabel, dan diagram dengan konsep matematika, 4) Menjelaskan konsep, situasi, dan hubungan matematis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan tabel. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dari kedua sekolah masih cukup rendah. Dimana siswa kelompok tinggi memenuhi indikator pertama, kedua, ketiga dan keempat. Siswa kelompok sedang cukup memenuhi indikator pertama, tetapi belum memenuhi indikator kedua, ketiga, dan keempat. Siswa kelompok rendah belum memenuhi keempat indikator, sehingga memerlukan upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. 

Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Aritmetika Sosial.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. (2018). Beberapa Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Depok: Gunadarma Ilmu.

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 89–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Hasina, A. N., Rohaeti, E. . E., & Maya, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 575–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.575-586

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Sels Efficacy dan Kemampuan Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Herawaty, D. (2019). The Mathematics Communication of Student in Learning Based on Ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 12-74. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770

Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 291–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1196

Isnawati, I., & Rosyana, T. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 675–682. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.675-682

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 1(1), 576–580.

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179–188. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/1jpm/v10i2.3523

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusu, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618

Nadhifa, N., Maimnah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 704–709.

Paramitha, N. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 983–994.

Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 89–94. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2033

Putri, N. D. (2020). Analysis of Students Initial Mathematical Communicaton Skills in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 12-64 . https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012064

Rini, R. H. A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confident Siswa Mts. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 34–43.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelsaikan Soal Cerita Matematika Bedasarkan Langkah Pneyelesaian Polya. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Romberg, T. A., & Chair, C. (1993). Curriculum and Evaluation Standards for School Matehamtics. Jember: NCTM.

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 11(1), 134–142.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Concept. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Septiana, A. C. (2019). Mathematics Communications Skill of Student in Senior High School on Introvert. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012106

Shodiqin, A., & Waluya, S. . (2020). Mathematics Comunication Ability in Statistica Materials Based on Reflective Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 15511(1), 12-90. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012090

Siregar, E. R., & Mardiati, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19–25.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhandri, S., Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2012

Susanti, M., Kurnia, H. I., Nufauziah, P., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Concept. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 923–932.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.337

Sutini, S. (2019). Kemampuan Metakognitif dan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(1), 32–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.32-47

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Zulkarnain, I. (2021). Mathematical Communication Skills of Students in Mathematics Learning using Discovery Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.7885

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>