Desain Lintasan Belajar Trigonometri Materi Aturan Sinus dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)

Wahyu Hidayat, Endri Riyana

Sari


Abstrak. Kompetensi pedagogi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru berhubungan dengan perencanaan pembelajaran yang memperhatikan lintasan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lintasan belajar dalam memahami konsep trigonometri aturan sinus dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini menggunakan metode design research dengan model validation studies yang terdiri dari tahap desain pendahuluan, tahap percobaan pengajaran, dan tahap analisis retrospektif. Subyek penelitian ini adalah 19 siswa SMA Al-Islam Bandung, Jawa Barat Indonesia. Jumlah responden pada tahap pilot experiment sejumlah tiga orang siswa, dan pada tahap teaching experiment sejumlah 16 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang diujicobakan menunjukkan bahwa lintasan belajar trigonometri materi aturan sinus dapat diterapkan dengan strategi REACT. Selain itu, lintasan belajar trigonometri aturan sinus melalui strategi REACT tersebut diawali dengan mengaitkan antara pengalaman belajar siswa dengan konsep baru yang disajikan, menggali pengalaman belajar siswa sehingga dapat menemukan hubungan antar konsep bahkan konsep baru, menerapkan konsep baru yang ditemukan untuk menyelesaikan permasalahan dan mendiskusikan pengalaman belajarnya, serta menerapkan konsep baru dalam permasalahan kontekstual yang berbeda.

Kata Kunci: Lintasan Belajar, REACT, Trigonometri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid 19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264.

Asiyah, S. N., Suyitno, A., & Safa’atullah, M. F. (2017). Mathematical Connection in Terms of Student Learning Styles of the Tenth Grade on the REACT Model Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 205–214.

Durkin, K., Star, J. R., & Rittle-Johnson, B. (2017). Using Comparison of Multiple Strategies in the Mathematics Classroom: Lessons Learned and Next Steps. ZDM, 49(4), 585–597. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0853-9

Fitri, N. L., & Prahmana, R. C. I. (2020). Designing learning Trajectory of Circle Using the Context of Ferris Wheel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 247–261. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10961

Gravemeijer, K. (2004). Local Instruction Theories As Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105–128. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_3

Gravemeijer, K., & Eerde, D. van. (2009). Design Research as A Means for Building A Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5), 510-524. https://doi.org/10.1086/596999

Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2020). Experience Student Background and Their Behavior in Problem Solving. Infinity Journal, 9(1), 59–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p59-68

Hendriana, H., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, W. (2018). Students’ Performance Skills in Creative Mathematical Reasoning. Infinity Journal, 7(2), 83–96. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p83-96

Hendriana, H., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, W. (2019). The Innovation of learning Trajectory on Multiplication Operations for Rural Area Students in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(3), 397-408. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.9257.397-408

Hidayat, W., & Aripin, U. (2019). The Improvement of Students’ Mathematical Understanding Ability Influenced from Argument-Driven Inquiry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32085-32095. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032085

Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Krathwohl. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 142–153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.3316

Hidayat, W., Herdiman, I., Aripin, U., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Adversity Quotient (AQ) dan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 4(2), 230–242.

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291

Karsli, F., & Yigit, M. (2017). Effectiveness of the REACT Strategy on 12th Grade Students’ Understanding of the Alkenes Concept. Research in Science & Technological Education, 35(3), 274–291. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1295369

Leung, A. (2019). Exploring STEM Pedagogy in the Mathematics Classroom: A Tool-Based Experiment Lesson on Estimation. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(7), 1339. https://doi.org/10.1007/s10763-018-9924-9

Meika, I., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Developing A Local Instruction Theory for Learning Combinations. Infinity Journal, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p157-166

Muslimin, M., Indaryanti, I., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14.

Ni, Y., Shi, L., Cheung, A., Chen, G., Ng, O.-L., & Cai, J. (2021). Implementation and Efficacy of A Teacher Intervention in Dialogic Mathematics Classroom Discourse in Hong Kong Primary Schools. International Journal of Educational Research, 107, 101758. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101758

Noto, M. S., Pramuditya, S. A., & Fiqri, Y. M. (2018). Design of learning Materials on Limit Function Based Mathematical Understanding. Infinity Journal, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p61-68

Nuraida, I., & Amam, A. (2019). Hypothetical Learning Trajectory in Realistic Mathematics Education to Improve the Mathematical Communication of Junior High School Students. Infinity Journal, 8(2), 247–258. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p247-258

Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47–59. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886

Prahmana, R. C. I. (2015). The Hypothetical learning Trajectory on Addition in Mathematics GASING. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 5(1), 49–62. https://doi.org/10.46517/seamej.v5i1.32

Prihandhika, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran React dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Siswa SMKN 39 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.251

Rangkuti, A. N., & Siregar, A. I. (2019). Lintasan Belajar Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 149–162. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2112

Rosita, C. D., Nopriana, T., & Silvia, I. (2019). Design of Learning Materials on Circle Based on Mathematical Communication. Infinity Journal, 8(1), 87–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p87-98

Sari, D. P. (2018). Errors of Students Learning with REACT Strategy in Solving the Problems of Mathematical Representation Ability. Journal on Mathematics Education, 9(1), 121–128.

Sari, D. P. (2020). Implementation of REACT Strategy to Develop Mathematical Representation, Reasoning, and Disposition Ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156

Setiyani, S., Putri, D. P., & Prakarsa, D. (2019). Designing Camtasia Software Assisted Learning Media toward Students’ Mathematical Comprehension In Numeral Material. Infinity Journal, 8(2), 143–156. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p143-156

Sukma, M. A., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 23–35.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33.

Sunarsih, I. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Operasi Hitung dan Bilangan dalam Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 137–142.

Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2021). Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.5427

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>