Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis

Lois Oinike Tambunan

Sari


Abstrak. Kemampuan penalaran dan komunikasi mahasiswa yang rendah melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini. Creative Problem Solving (CPS) membantu mahasiswa yang sulit untuk mengembangkan ide-ide yang dimilikinya serta dalam penyampaian secara matematis suatu persoalan yang dihadapi yang dapat mempengaruhi kualitas belajar mahasiswa yang berdampak pada prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran CPS. Subjek penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Pengumpulan data penelitian yaitu berupa instrumen tes untuk kemampuan penalaran dan komunikasi matematik yang dibuat dalam bentuk uraian. Tes tertulis ini terdiri dari tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS mempengaruhi kemampuan penalaran dan komunikasi matematik mahasiswa. 

Kata Kunci: CPS, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Komunikasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia, 5(2). 179-188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Alawiyah, U. S., Andriani, L., & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CPS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekan Baru. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 45-55. http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.1764

Ansari, B. I. (2012). Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Apiati, V., & Fatimah, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa yang Menggunakan Model CPS. JP3M Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 71-76.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Model-Model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat PSLB.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept of Physics, Indiana University.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Infinity Journal, 1(1), 10-18.

Lestari, L., & Yudhanegara, Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Adimata.

Mofidi, dkk. (2012). Instruction of Mathematical Concepts through Analogical Reasoning Skilss. Ibdian Journal of Science and Technology, 5(6), 2916-2922.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nopitasari, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CPS terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 103-112.

Nopitasari, D. (2019) Implementasi Model Pembelajaran CPS untuk Meningkatkan Penalaran Analogi Mahasiswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematik), 3(2), 121-126.

Nursiami, S., & Soeprodjo, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Flash Interaktif Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1). 1440-1449.

Oktaviani, O., & Nugroho, N. (2015) Penerapan Model-Model Pembelajaran CPS pada Pembelajaran Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 27-31.

Prayitno, S., Suwarsono, S., & Siswono, T. Y. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang.

Qohar, A., & Sumarno, U. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning of Yunior High School Students by Using Receptional Teaching. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 4(1), 59-74.

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Euclid, 1(1), 33-46.

Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.

Sakaningsih, N. M., Asri, I. G. A. A. S. A., & Negara, I. G. A. O. (2014). Model Pembelajaran CPS berbasis Reinforcement Berpengaruh terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 18 Dangin Puri. Jurnal Mimbar PGSD Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-10.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Doktor pada PPS UPI: Tidak diterbitkan.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswandi, I. P., Abadi, S. G., & Negara, I. G. A. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan Media Grafis Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus VI Pengeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan PGSD, 2(1), 1-10.

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliworo. Kontinu. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2). 11-23.

Sudiran. (2012). Penerapan Model Pembelajaran CPS untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 16-22.

Sumartini, S. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148-158.

Sumartono, S., & Yustari, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CPS dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 187-193.

Totiana, F., Susanti, E., & Redjeki, T. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran CPS yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 74-79.

Van De Walle, J. (2008). Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Wasiran, Y., & Andinasari, A. (2019) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adatif Matematika melalui Paket Instruksional Berbasis CPS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 51-65. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1466.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>