Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat

Nelly Fitriani, Isna Sani Hidayah, Puji Nurfauziah

Sari


Abstrak. Pembelajaran secara daring merupakan salah satu cara mengajar yang efektif saat kondisi pandemi seperti saat ini, namun tentunya pembelajaran harus dikemas dengan baik, salah satunya seperti pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan live worksheet berbasis realistic mathematics education (RME) berbantuan geogebra yang validitasnya baik dan juga praktis, kemudian menelaah pencapaian kemampuan abstraksi dengan menggunakan bahan ajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan, dengan subjek yaitu siswa SMP. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi dan soal tes abstraksi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan mengolah data menggunakan rumus validasi dan praktikalisasi dan menggunakan uji t satu pihak. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) bahan ajar sangat valid, dengan rata-rata penilaian validator sebesar 85% (bahan ajar sudah dapat digunakan), terlebih dalam pembelajaran daring seperti saat ini; 2) bahan ajar sangat praktis untuk digunakan, dengan rata-rata penilaian yang diberikan oleh siswa sebesar 82%; 3) pencapaian kemampuan abstraksi siswa kelas yang menggunakan pembelajaran dengan bahan ajar  live worksheet berbasis RME berbantuan geogebra lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran saintifik. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah penggunaan live worksheet berbasis RME berbantuan geogebra menunjukkan hasil yang signifikan terhadap pembelajaran dan kemampuan abstraksi siswa.

Kata Kunci: realistic mathematics education, geogebra, live worksheet, abstraksi matematis, segiempat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model Nada. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Amelia, R., Kadarisma, G., Fitriani, N., & Ahmadi, Y. (2020). The effect of online mathematics learning on junior high school mathematic resilience during COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012011

Eliana, Nindiasari, H., Anwar, C., & Firdos, H. (2021). Development of E-Learning Teaching Material On Materice. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 47–63.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109–118.

Fauzan, A., Plomp, T., & Gravemeijer, K. (2013). The development of an RME-based geometrycourse for Indonesian primary schools. Educational Design Research, 2013, 159–178.

Fitriani, N., & Rohaeti, E. E. (2020). Miskonsepsi Siswa Pada Materi Geometri Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 9. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3267

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037

Hamdunah, H. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola. Lemma, 2(1), 145250. https://doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.524

Hershkowitz, R., Schwarz, B. B., & Dreyfus, T. (2001). Abstraction in context: Epistemic actions. Journal for Research in Mathematics Education, 32(2), 195–222.

Hoffer, A. (1981). Geometry is more than proof. The Mathematics Teacher. NCTM.

Julie, H., Suwarsono, S., & Juniati, D. (2014). Understanding Profile from the Philosophy, Principles, and Characteristics of RME. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 5(2), 148–159.

Kadarisma, G., Fitriani, N., & Amelia, R. (2020). Relationship Between Misconception and Mathematical Abstraction of Geometry At Junior High School. Infinity Journal, 9(2), 213. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p213-222

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. Mathedunesa, 2(1). 74-82.

Nur, M. I. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1761

Patkin, D., & Levenberg, I. (2012). Geometry from the world around us. Learning and Teaching Mathematics, 2012(13), 14–18.

Purwitaningrum, R., Charitas, R., & Prahmana, I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19.

Rahayu, N. S. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Solving Pada Sub Materi Besar Sudut-Sudut, Keliling Dan Luas Segitiga Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 2 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/20.

Saputro, B. A. (2016). Learning Media Development Approach With a Rectangle Problem Posing Based Geogebra. Infinity Journal, 5(2), 121. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.218

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136

Trung, N. T., Thao, T. P., & Trung, T. (2019). Realistic mathematics education (RME) and didactical situations in mathematics (DSM) in the context of education reform in Vietnam. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012032

Wigati, S. (2019). Penerapan Geogebra Handphone Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keaktifan, dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 4(4), 1–7.

Yorganci, S. (2018). A study on the views of graduate students on the use of GeoGebra in mathematics teaching. European Journal of Education Studies, 4, 63–78. https://doi.org/10.5281/zenodo.1272935




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>