Auditory Intellectually Repetition: Apakah Berdampak Pada Kemampuan Pemahaman Geometri Siswa Berkemampuan Rendah?

Runisah Runisah Runisah, Denni Ismunandar, Sudirman Sudirman, Yossa Giovani Vianto

Sari


Abstrak Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan kemampuan pemahaman matematis khususnya  dalam geometri masih rendah.  Metode yang relevan diperlukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian Quasi eksperimen dengan Static Group Comparison Design ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dampak proses belajar menggunakan Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa berkemampuan rendah.  Subjek penelitian berjumlah 63 siswa kelas VII salah satu sekolah yang memiliki nilai Ujian Nasional (UN) matematika di bawah rerata nilai UN matematika di  Indramayu, Jawa Barat. Dua kelas diambil dengan acak dari seluruh kelas VII, satu kelas  mendapatkan pembelajaran dengan model AIR, sedangkan satu kelas yang lain mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes kemampuan pemahaman geometri berbentuk uraian.  Berdasarkan penelitian ini model AIR berdampak secara signifikan pada kemampuan pemahaman geometri siswa berkemampuan rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan rendah membutuhkan model pembelajaran yang tepat.

Kata Kunci: model pembelajaran, Auditory Intellectually Repetition, pemahaman Geometri, siswa berkemampuan rendah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan pendekatan Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905

Al-Mutawah, A.,M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual understanding, procedural knowledge and problem-solving skills in mathematics: High school graduates work analysis and standpoints. International Journal of Education and Practice, 7(3), 258–273. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.258.273

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.168

Aprianti & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh model Auditory Intellectual Repetition terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA , 5(1), 10-21.

https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.2729

Asfar, A. M. I. T., Asmawaty, A., & Nursyam, A. (2019). Mathematical concept understanding: the impact of integrated learning model. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211–222. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.3880

Awaliah, F., Soedjoko, E., & Isnarto. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model Auditory Intellectually Repetition. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 243–249. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.10965

Eriana, Kartono, & Sugianto. (2018). Understanding ability of mathematical concepts and students’ self-reliance towards learning by implementing manipulative props (APM) on Jigsaw technique. Journal of Primary Education, 8(2), 176–183 https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25984

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E, & Hyun, H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc Graw Hill.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurilkulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findel, B. (2001). Adding It UP: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Lambertus. (2016). Developing skills understanding of mathematical. International Journal of Education and Research, 4(7), 315–326.

Manurung, S. H. (2016). Upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada siswa Kelas VIII MTs Negeri Rantauprapat T.P 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 97-107. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.580

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in north Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2816.43-56

Mullis, I. V., Martin, M. O., & Foy, P. (2008). TIMSS 2007. International Mathematics Report. TIMSS&PIRLS International Study Center, Boston College.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics TIMSS&PIRLS International Study Center, Boston College.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper. M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathematics. TIMSS&PIRLS International Study Center, Boston College.

Mustamin, S. H. & Kusumayanti, A. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2).90-97.

Nasution, R.A., Rangkuti, A.N., & Hilda, L. (2019). Upaya guru mengatasi kesulitan siswa belajar matematika pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 7 Padang Sidimpuan. Logaritma, 7(1), 97 – 110.

Novianti, A. (2015). Meningkatkan pemahaman konsep geometri menggunakan benda manipulatif pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu. INSPIRAMATIKA Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 73-84.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2). 1-6.

Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan model pembelajaran model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Erudio: Journal Of Educational Innovation, 3(2), 71–84.

Ramdhan. F, Suwarman, & Candra, A.U. (2017). Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap peningkatan pemecahan masalah matematis siswa Prisma, 6 (2), 152-161.

Rohaeti, E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Runisah, Herman, T., & Dahlan, J. A. (2017). Using the 5E Learning Cycle with Metacognitive technique to enhance students ’ mathematical critical thinking skills. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 87–98. http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5698

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz media.

Sudirman, S. & Martadiputra, B. A. P. (2020). Exploratory case study difficulty of junior high school students in resolving problems of the pyramids surface area. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 277-286. https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1131

Sudirman, S., Son, A. L., Rosyadi, R., & Fitriani, R. N. (2020). Uncovering the Students’ mathematical concept understanding ability: a based study of both students’ cognitive styles dependent and independent field in overcoming the problem of 3D Geometry. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i1.3789

Sumartini, T. S. & Priatna, N. (2018). Identify student mathematical understanding ability through direct learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1132. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012043

Tularam, G. A. & Machisella, P. (2018). Traditional vs non-traditional teaching and learning strategies – the case of E-learning! International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 19(1), 129–158.

Tuna, A. & Kacar, A. (2013). The effect of 5E learning cycle model in teaching trigonometry on students’ academic achievement and the permanence of their knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(1), 73–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>