Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share

Eris Rismayanti, Bana G Kartasasmita, In In Supianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 18 Bandung yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan pemahaman matematika, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematika siswa pada siklus I berada pada kriteria sedang, pada siklus kedua mengalami peningkatan meskipun masih tetap pada kriteria sedang, dan pada siklus ketigapun mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi. Sehingga penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa.

Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Penelitian Tindakan Kelas, Think Pair Share.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aydin, Y. (2014). The Effects of Problem Based Approach on Student’s Conceptual Understanding in a University Mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 704–707.

Dharma, I., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239–246.

Faqih, A. (2019). Model Think Pair Share: Apakah Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 40-50.

Harkness, S. S., & Noblitt, B. (2017). Playing the believing game: Enhancing productive discourse and mathematical understanding. Journal of Mathematical Behavior, 45, 63–77.

Herawati, L. (2016). Pembelajaran melalui Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 35–40.

Hornburg, C. B., Rieber, M. L., & McNeil, N. M. (2017). An Integrative Data Analysis of Gender Differences in Children’s Understanding of Mathematical Equivalence. Journal of Experimental Child Psychology, 163, 140–150.

Lachner, A., Weinhuber, M., & Nückles, M. (2019). To Teach or Not to Teach The Conceptual Structure of Mathematics? Teachers Undervalue The Potential of Principle-Oriented Explanations. Contemporary Educational Psychology, 58(March), 175–185.

Lasmanah, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-A SMPN Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa, 2(3), 18–26.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79.

Martin, L. C. (2008). Folding Back and The Dynamical Growth of Mathematical Understanding: Elaborating The Pirie-Kieren Theory. Journal of Mathematical Behavior, 27(1), 64–85.

Murdani, Johar, R., & Turmudi. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa Di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(2), 22–32.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 305-315.

Orhun, N. (2012). Graphical Understanding in Mathematics Education: Derivative Functions and Students’ Difficulties. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 679–684.

Plaxco, D., & Wawro, M. (2015). Analyzing student understanding in linear algebra through mathematical activity. Journal of Mathematical Behavior, 38, 87–100.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.

Reamer, A. C., Ivy, J. S., Vila-Parrish, A. R., & Young, R. E. (2015). Understanding the evolution of mathematics performance in primary education and the implications for STEM learning: A Markovian approach. Computers in Human Behavior, 47, 4–17.

Rizqi, M. (2019). Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 330–336.

Romdiani, N. S., & Lestari, P. (2018). Efektifitas Pembelajaran dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 250–258.

Setyaningsih, R., & Rejeki, S. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Cooperative Learning Type Think Pair Share (TPS). DAYA MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 209–218.

Shepherd, M. D., & Van de Sande, C. C. (2014). Reading Mathematics for Understanding-From Novice to Expert. Journal of Mathematical Behavior, 35, 74–86.

Simon, M. A., Kara, M., Placa, N., & Avitzur, A. (2018). Towards an Integrated Theory of Mathematics Conceptual Learning and Instructional Design: The Learning Through Activity Theoretical Framework. Journal of Mathematical Behavior, 52(April), 95–112.

Sinaga, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25–35.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Varma, S., & Schwartz, D. L. (2011). The Mental Representation of Integers: An Abstract-To-Concrete Shift in The Understanding of Mathematical Concepts. Cognition, 121(3), 363–385.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>