Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan

Elfi Rahmadhani, Septia Wahyuni

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection dan Extension (ICARE) dan terintegrasi Islam berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), modul dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang valid, praktis dan efektif pada materi Pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data pada penelitian ini didapatkan dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respons siswa, angket respons guru dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai 3,87, praktis dan efektif. Kriteria praktis yang didapatkan dari analisis data berikut: 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase ketuntasan 78 dan tergolong praktis, 2) aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 50%, 72%, 80% dan 86% dengan kategori sangat berhasil, 3) respons siswa dengan rata-rata skor adalah 3,04 dengan kategori praktis dan 4) respons guru dengan rata-rata skor adalah 3,1 dengan kategori praktis. Selanjutnya, kriteria efektif didapatkan dari hasil analisis pengolahan data hasil belajar siswa yang diketahui bahwa 89% siswa telah tuntas belajar menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis ICARE dan terintegrasi Islam.

Kata Kunci: ICARE, terintegrasi Islam, Pecahan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran, 1–16.

Asri, Y. N., Rusdiana, D., & Feranie, S. (2017). ICARE Model Integrated with Science Magic to Improvement of Students’ Cognitive Competence In Heat and Temperature Subject. Altlantis Press 1st International Conference of Mathematics and Science Education (ICMSEd 2016), 57(ICMSEd 2016), 137–139.

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Jurnal KREANO, 8(2), 126–132.

Esha, M. I. (2009). Institutional Transformation. Malang: UIN Maliki Press.

Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengembangan Buku Cerita IPA Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 519–527.

Khoiriyah, U., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Matematika yang Dikaitkan dengan Nilai-Nilai Islam. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 315–322.

Kumaryono, I., & Maharani, H. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berkarakter Islami Pada Program PPL Mahasiswa Pendidikan Matematika Unissula Semarang. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 119-129.

Kurbaita, Zulkardi, & Siroj. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 1–10.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8.

Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran ICARE (Introduction-Connect-Apply-Reflect-Extend) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 5(1), 92–97.

Maskur, A., Waluya, S. B., & Rochmad. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Strategi ICARE Beracuan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Dimensi Tiga. Journal of Primary Education, 1(2), 85–90.

Mohamed, M. (2001). Matematikawan Muslim Terkemuka. Diterjemahkan oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany. Jakarta: Salemba Teknika.

Muspiroh, N. (2014). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 2(1), 168–188.

Pendra, T. (2012). Klasifikasi Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Memuat Konsep Matematika. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kemendikbud. 2016. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL). Jakarta: Kemendikbud.

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 4(2), 919–926.

Rizki, S., & Widiyanti, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Logika Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam. Seminar Nasional Matematika UHAMKA, 1, 84–89. UHAMKA.

Salafudin. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243.

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran ICARE Pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 23–33.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanna, F., Masril, & Yurnetti. (2018). LKPD Berbasis Model Pembelajaran ICARE Kelas VIII SMPN 31 Padang. Pillar of Physics Education, 11(1), 145–152.

Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Infinity Journal, 4(2), 182–189.

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>