Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Nia Kania, Zaenal Arifin

Sari


Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Pendekatan pembelajaran yang efektif yang digunakan dengan memanfaatkan media teknologi informasi dalam bentuk pembelajaran digital adalah aplikasi macromedia flash. Macromedia flash dapat membantu menjelaskan konsep matematika yang kepada siswa dengan tampilan yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis; (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan macromedia flash; (2) respons siswa terhadap penggunaan macromedia flash dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretes-postes menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Majalengka. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket. Analisis data menggunakan Paired t-test. Penelitian menghasilkan: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kategori sedang, dan (2) respon positif siswa terhadap penggunaan macromedia flash diatas skor netralnya.

Kata Kunci: Aplikasi Macromedia flash, Geometri, Pemahaman Matematis, Pemahaman Konsep Matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., Mulyono, T., & Saputro, E. (2013). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran di SMP 33 Semarang. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2), 133–141.

Anggraeni, R., Andriani, S., & Yahya, AD. (2019). Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Method with Audio Visual Media for Students' Critical Thinking Ability. International Journal of Trends in Mathematics Education Research 2(1). 31-33.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Costley, K. C. (2014). The Positive Effects of Technology on Teaching and Student Learning. Arkansas Tech University.

Fahmi, Syariful & Marsigit, M. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika Developing Multimedia Macromedia flash with Contextual Approach and Its Effect on Students ’ Attitude toward Mathematics. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.

Gustina, Nur Abu, S. H., & Hamsyah, E. F. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam , Basa dan Garam Influence of Media-Based Learning Macromedia flash 8 Motivation. Chemica, 17(2), 12–18.

Herbst, P., Chieu, V. M., & Rougee, A. (2014). Approximating the Practice of Mathematics Teaching: What Learning Can Web-based, Multimedia Storyboarding Software Enable?. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 14(4), 356-383.

Istikomah, E. (2019). The Relationship Between Conceptual Understanding and Student Learning Outcomes Through The Use of Geometers Sketchpad Software. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042070.

Kemendikbud. (2019). Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Kent, G., & Foster, C. (2016). Re-conceptualising conceptual understanding in mathematics. CERME 9-Ninth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 2656-2661.

Liberna, H., & Nusantari, D. O. (2018). The Influence of Macromedia flash Learning on the Students’ Mathematic Concept Understanding. Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–6.

Adamides, M. H., & Nicolaou, N. (2004). Technology in Mathematics. Science Education International, 15(2), 139–151.

Marnita & Ernawati. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 71-78.

Moradmand, N., Datta, A., & Oakley, G. (2014, June). An Interactive Multimedia Development Life Cycle Model Based on a Cognitive Theory of Multimedia Learning. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 746-761). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Nasution, N., Sinaga, B., & Mukhtar, M. (2019). Developing Learning Media Assisted-flash Macromedia Software by Applying Discovery Model to Improve Students’ Concept and Self Regulated Learning on Senior High School. American Journal of Educational Research, 7(2), 161–165.

Ningsih, P. R. (2013). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP IPIEMS Surabaya. Gamatika, III(2), 177–184.

Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving students’ understanding of mathematical concept using maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012034.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 305-315.

Polya, G. (1973). How To Solve It Mathematical Method. New Jersey: Princeton Univeversity Press. (2nd ed.). Princeton.

Primasatya, N., & Jatmiko, J. (2019). Implementation of Geometry Multimedia Based on Van Hiele's Thinking Theory for Enhancing Critical Thinking Ability for Grade V Students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2).

Setyaningrum, W. (2018). Blended Learning: Does it help students in understanding mathematical concepts? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 244–253.

Skemp, R., & Prologue, T. (2005). Relational and Instrumental Understanding. 1–15.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yuliarni, I., Marzal, J., & Kuntarto, E. (2019). Analysis of Multimedia Learning Mathematics Storyboard Design. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 149-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>