Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika

Stefy Falentino Akuba, Dian Purnamasari, Robby Firdaus

Sari


Pada suatu sekolah dasar, sebut saja X, pencapaian akademis siswa dalam pelajaran matematika diukur oleh tingkat penguasaan konsep. Kemampuan penalaran matematis, kemampuan memecahkan masalah dan efikasi diri siswa dapat memiliki pengaruh terhadap tingkat penguasaan konsep. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemampuan penalaran matematis, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep pelajaran matematika. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausal-komparatif. Pengolahan data dengan teknik analisis jalur menggunakan software smart PLS 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah berpengaruh positif terhadap penguasan konsep dengan koefisien jalur secara berurutan adalah 0.453, 0.175 dan 0.395. Selanjutnya, kemampuan penalaran matematis juga berpengaruh positif terhadap efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah dengan koefisien jalur secara berurutan adalah 0.425 dan 0.560. Melalui hasil penelitian ini, ketika siswa mengalami penurunan saat ujian, sekolah dasar X dapat memberikan pelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah.

Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri, Kemampuan Memecahkan Masalah, Penguasaan Konsep.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati, Y. (2014). Pengaruh Praktik Scaffolding Terhadap Peningkatan Self-Efficacy dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD Dalam Soal Cerita Tentang Konsep Comparing. Pelita Harapan University.

Amin, M. F. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Di Sekolah Menengah Pertama. Building the Nation Character through

Humanistic Mathematics Education, 978-979.

Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesia PISA Result: What Factors and What Should be Fixed? The 1st Educational and Language International Conference Proceedings Center for International Developmentof Unissula, 69–79.

Attri, R. (2018). Accelerating complex problem-solving skills: problem-centered training design methods. Singapore: Speed To Profciency Research: S2PRo.

Ben-Hur, M. (2006). Concept-Rich Mathematics Instruction: Building a Strong Foundation for Reasoning and Problem Solving. ASCD.

Brodie, K., Coetzee, K., Lauf, L., Modau, S., Molefe, N., & O’Brien, R. (2010). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. Springer, Boston, MA.

Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. Association for Supervision & Curriculum Development.

Dogan, U. (2015). Student engagement, academic self-efficacy, and academic motivation as predictors of academic performance. Anthropologist, 20(3), 553–561.

Eisenberger, J., Conti-D’Antonio, M., & Bertrando, R. (2014). Self-Efficacy: Raising the Bar for All Students, Second. Eye On Education.

Fitzpatrick, A. (2018). Technology Use, Students’ Math Self-efficacy, Goal Orientation, and Math Achievement in Guatemala. Fordham University.

Fredericks, A. (2010). The Teacher’s Handbook: Strategies For Success. Pymouth: Rowman & Littlefield Education.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.

Stahl, K. A. D., Flanigan, K., & McKenna, M. C. (2020). Assessment for Reading Instruction. Guilford Publications.

Garry, T. (2020). Mastery in Primary Mathematics : A Guide for Teachers and Leaders. Bloomsburry Publishing.

Grzybowska, K., & Åupicka, A. (2017). Key competencies for Industry 4.0. Economics and Management Innovations (ICEMI), 1(March 2018), 250–253.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 47-56.

Higgins, K. N., Crawford, L., Angelo, J. H.-D., & Horney, M. (2015). Investigating Student Use of Electronic Support Tools and Mathematical Reasoning. Contemporary Educational Technology, 7(1), 1–24.

IGCSE, C. (2014). Cambridge IGCSE ® Additional Mathematics. Cambridge University

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Infinity Journal 1(1), 10-18.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Mendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs), 1–109.

Kislenko, K., Grevholm, B., & Lepik, M. (2005). Mathematics is important but boring: Students' beliefs and attitudes towards mathematics. In Nordic Conference on Mathematics Education: 02/09/2005-06/09/2005 (pp. 349-360). Tapir Academic Press.

Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2016). Problem Solving in Mathematics Education. Springer, Cham.

McInerney, D. M. (2014). Educational Psychology - Constructing Learning. In Victorian Reports.

Mevarech, Z., & Kramarski, B. (2014). Critical Maths for Innovative Societies. OECD.

Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA. 10(2), 136-139.

Nangle, D. W., Hansen, D. J., Erdley, C. A., & Norton, P. J. (2010). Practitioner’s Guide to Empirically Based Measures of Social Skills. New York: Springer.

Nickerson, R. S. (2011). Mathematical Reasoning: Patterns, Problems, Conjectures, and Proofs. Taylor & Francis.

Olivier, E., Archambault, I., De Clercq, M., & Galand, B. (2019). Student Self-Efficacy, Classroom Engagement, and Academic Achievement: Comparing Three Theoretical Frameworks. Journal of Youth and Adolescence, 48(2), 326–340.

Ormrod, J. E. (2012). Human Learning 6th Edition. Pearson Education, Inc.

Pepin, B., & Son, J.-W. (2015). Motivation, Beliefs, and Attitudes Towards Mathematics and Its Teaching. In The Proceedings of the 12th International Congress on Mathematical Education, 523–527.

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Konekso Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 1(2), 116-123.

Pourdavood, R. G., & Liu, X. (2019). Confrontation and reconstruction of beliefs and attitudes towards mathematics. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 311–328.

Ratnasari, G. I., & Abadi, A. M. (2018). Investigating Mathematical Literacy, Mathematical Reasoning Skill, and Self Esteem of a Public High School. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1).

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-128.

Salthouse, T. A. (2016). Theoretical Perspectives on Cognitive Aging. In Theoretical Perspectives on Cognitive Aging.

Santrock, J. W. (2011). The Information Processing Approach. Educational Psychology. 5th Ed. New York, McGraw Hill, 271-3.

Schwarzer, R. (2014). Self-Efficacy: Thought Control Of Action. Taylor & Francis.

Setyawan, F. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Zifatama Jwara.

Shaffer, D., & Kipp, K. (2010). Developmental Psychology: Childhood and Adolescence (Eight Edit). Belmont: Wadsworth Publishing.

Sigelman, C. K., & Rider, E. A. (2009). Life-Span Human. Development. 6th. Belmont, CA: Wadsworth. Cengage Learning.

Silaban, B. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(I), 65–75.

Soden, R. (2014). Teaching Problem Solving in Vocational Education. New York: Routledge.

Strebe, J. (2013). Engaging Mathematics Students Using Cooperative Learning. New York: Routledge.

Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1).

Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Serta DIsposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 26-42.

Tomei, L. A. (2011). Designing Instruction for The Traditional, Adult, and Distance Learner: a New Engine for Technology-Based Teaching. Turkish Online Journal of Distance Education, 12(4), 212-224.

Wasiran, Y., & Andinasari, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 51-65.

Wentzel, K. R., & Miele, D. B. (2016). Handbook of Motivation at School: Second Edition. Routledge.

Wong, B. (2004). Learning About Learning Disabilities. Elsevier.

Woodhouse, R. (2003). Statistical Regression Line-Fitting In The Oil and Gas Industry. Oklahoma: PennWell Corporation.

Wulandari, S., & Zubainur, C. M. (2017). Students ’ Ability in Solving PISA Problems. The 7th Annual International Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR) in Conjuction with the International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>