Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Wolfram Mathematica

Yoni Sunaryo

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan software wolfram mathematica. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester enam Universitas Galuh. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cara cluster random sampling. Sebanyak 50 mahasiswa terpilih, yang dikelompokan menjadi satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan representasi matematis pada mata kuliah Program Linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software wolfram mathematica lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan software wolfram mathematica menjadi kunci agar semua mahasiswa dapat penyelesaian soal program linear.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Software Wolfram Mathematica, Representasi Matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas 5(2), 94-99.

Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A.S. (2019). Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Fibonacci. 5(1), 29-36.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Role of Self-Efficacy Toward Students’ Achievement in Mathematical Multiple Representation Ability (MMRA). Jurnal Ilmiah Peuradeun 6(1), 31-40.

Goldin, G.A., & Kaput, J.J. (2015). A Joint Perspective on The Idea of Representation in Learning and Doing Mathematics. ResearchGate.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 41-62.

Inventado, P. S., Scupelli, P., Ostrow, K., Heffernan, N., Ocumpaugh, J., Almeda, V. & Slater, S. (2018). Contextual factors affecting hint utility. International Journal of STEM Education 5(13). 1-13.

Jitendra, P., & Anand, V. K. (2016). Eight new records of fresh water filamentous algae (Oedogonium Link) from India. Tropical Plant Research, 3(1), 33-39.

Kereh, C. T., Sabadar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi kesulitan belajar mahasiswa dalam konten matematika pada materi pendahuluan fisika inti. Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, 4(1), 10-17.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendikbud.

Kholiqowati, H., Sugiarto., & Hidayah, I. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Mathematics Education. 5(3). 234-242.

Marra, R. M., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why Problem-Based Learning Works: Theoretical Foundations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 221-238.

Noer, S. H., Gunowibowo, P & Pentatito. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17-32.

Nugraha, D. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa. Jurnal Teorema : Teori dan Riset Matematika, 1(2), 1-10.

Özerem, A. (2012). Misconceptions in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 1(4), 23-35.

Pijls, M., & Dekker, R. (2011). Students Discussing Their Mathematical Ideas: The Role of The Teacher. Mathematics Education Research Journal 23(4). 379-396.

Rahmawati, A.D., Riyadi, & Subanti, S (2015). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) Di Sma Negeri 1 Jogorogo Kelas X Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(10). 1099-1109.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari. 1(2), 33-44.

Sari, L. S. P & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 143-150.

Sinclair, N., Bussi, M. G. B., de Villiers, M., Jones, K., Kortenkamp, U., Leung, A., & Owens, K. (2016). Recent Research on Geometry Education: An ICME-13 Survey Team Report. ZDM, 48(5), 691-719.

Sundawan, M. D., & Nopriana, T. (2019). Guided-Discovery Learning, Representasi Matematis dan Konsep Diri Mahasiswa pada Materi Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 123-134.

Suyitno, H. (2016). Pengantar Filsafat Matematika, Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Utami, T. S., Santi, D & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Xi Smk Negeri 02 Manokwari (Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem Chemistry Education Journal 1(1), 21-26.

Uygarer, R., & Uzunboylu, H. (2017). An investigation of the digital teaching book compared to traditional books in distance education of teacher education programs. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 13(8), 5365-5377.

Yew & Goh. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. International Journal of Helath Profession Education 1(2), 75-79.

Zhe, L. (2012) . Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representation. Journal of Mathematics Education 5(1), 63-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2683

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>