Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Nia Aprilyani, Arif Rahman Hakim

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian eksperimen dengan desain posttest only control grup. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Wathoniyah 08 Jakarta. Pengambilan sampel penelitian berdasar pada populasi terjangkau dengan teknik multistage sampling, diperoleh dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ARIAS berbantuan etnomatematika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII.

Kata Kunci: Pembelajaran ARIAS, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. Jurnal Fibonacci, 2(1), 23-30.

Aisyah, N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 159-168.

Binangun, H. H., & Hakim, A.R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut terhadap Hasil Belajar Metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204-214.

Dahlan, J.A. & Pertamasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150.

Franklin, J. (2015). Aristotelian Realism in Philosophy of Mathematics. Elsevier.

Ghasya, D.A.V. & Suryanti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2), 1-16.

Hakim, A.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(20), 196-207.

Hartono & Saputro, M. (2018). Ethnomatematics on Dayak Tabun Traditional Tools for School Mathematics Learning. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 80-86.

Hayuningtyas, B. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Aritmatika Sosial Ditinjau dari Aspek Kognitif Matematika (Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing, Polokarto, Sukoharjo). Disertasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hindayani, N. K. S., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2013). Pengaruh model pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interst, Assessment dan Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1-11.

Ikhwarizmi & Hartati, L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2015. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1(1), 152-164.

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108.

Liberna, H. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 190-197.

Massarwe, K., Verner, I., & Bshouty, D. (2012). Ethnomathematics and Multi-Cultural Education: Analysis and Construction of Geometric Ornaments. Journal of Mathematics and Culture, 6(1), 344-360.

Marliani, N. & Hakim, A.R. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Kecemasan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 1(1), 136-150.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.

Orey, D.C. & Rosa, M. (2006). Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challenges Towards Pedagogical Action. The Journal of Mathematics and Culture, 4(1), 57-78.

Priatina, Y. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 67-78.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdenusa 1(1), 1-8.

Rahayu, E.A., Waluyo, S.B., & Sugiman. (2014). Keefektifan Model ARIAS Berbantuan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Kreano, 5(1), 10-14.

Rahman, M. & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif dalam Teori dan Praktek untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Siahaan, P., Setiawan, W., & Sa’adah (2010). Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTK), 3(1), 23-27.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan 3(2), 165-174.

Suryati, Masrukan, & Wardono. (2013). Pengaruh Assesmen Kinerja dalam dalam Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. UJME (Unnes Journal of Mathematics Education), 2(3), 7-13.

Utami, R., Nugroho, A., Dwijayanti, I., dan Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, K. & Supriyono. (2015). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah antara Pembelajaran ARIAS dan NHT pada Geometri SMP. UJME (Unnes Journal of Mathematics Education), 4(1), 41-49.

Yusuf, M.W., Saidu, I.I., & Halliru. (2010). Etnomathematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education, 3(1), 36-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>