Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP

Setiyani Setiyani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir matematis siswa. Adapun kemampuan berpikir matematis siswa yang diteliti adalah kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dari sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Cirebon. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan tes kemampuan mengajukan pertanyaan matematis. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi dengan data diasumsikan normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa  terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir matematis siswa. Pendekatan problem posing memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan berpikir kreatif daripada kemampuan mengajukan pertanyaan. Melalui pendekatan problem posing, siswa akan semakin terbiasa mengajukan pertanyaan dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Mengajukan Masalah Matematis, Pendekatan Problem Posing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonio, T., Lanawati, S., Wiriana, T. A., & Christina, L. (2014). Correlations Creativity, Intelligence, Personality, and Entrepreneurship Achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 115, 251-257.

Anwar, A., & Sofiyan, S. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. Numeracy Journal, 5(1), 91-101.

Ayllón, M. F., Gomez, I. A., & Ballesta-Claver, J. (2016). Mathematical Thinking and Creativity through Mathematical Problem Posing and Solving. Journal of Educational Psychology-Propósitos y Representaciones, 4(1), 195-218.

Hartati, L. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H., & Fadhillah, F. M. (2019). The Students’mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School through Problem-Solving Approach. Infinity Journal, 8(1), 11-20.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Herianingtyas, N. L. R., & Harmawati, R. E. (2017). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Sains Melalui Discovery Learning Berwawasan Lingkungan. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 547-556.

Johnson, D. (2010). Teaching With Authors' Blogs: Connections, Collaboration, Creativity. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 54(3), 172-180.

Knott, L. (2010). Problem posing from the foundations of mathematics. The Mathematics Enthusiast, 7(2), 413-432

Mahmudi, A. (2007). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Problem Posing. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-50.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.

Mann, E. L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. University of Connecticut.

Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT, 2(1), 22-28.

Saragih, S. (2011). Meningkatkan Kemampuan Keruangan melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118-129.

Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. For The Learning of Mathematics, 14(1), 19-28.

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Students'creative Thinking In Solving and Posing Mathematical Problem. Journal on Mathematics Education, 1(1), 17-40.

Sternberg, R. J. (2006). The Nature of Creativity. Creativity research journal, 18(1), 87-98.

Stoyanova, E., & Ellerton, N. F. (1996). A Framework for Research Into Students’ Problem Posing in School Mathematics. Technology in Mathematics Education, 1(1), 518-525.

Torrance, E. P. (1972). Can We Teach Children to Thinking Creativily?. The Journal of Creative Behaviour, 6(2), 114 – 143.

Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ Mathematical Creative Thinking through Problem Posing Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012097.

Wasiran, Y., & Andinasari, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 51-65.

Yuan, X. (2009). An Exploratory Study of High School Students' Creativity and Mathematical Problem Posing in China and The United States. Illinois State University.

Yuan, X., & Sriraman, B. (2011). An Exploratory Study of Relationships Between Students’ Creativity and Mathematical Problem-Posing Abilities: Comparing Chinese and US Students. The Elements of Creativity and Giftedness in Mathematics, 1(1), 5-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2424

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>