Penerapan Ethnomathematics dan Hypnoteaching pada Mata Kuliah Matematika Kimia

Dianne Amor Kusuma

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya hasil belajar mahasiswa program studi kimia FMIPA Unpad dalam mata kuliah matematika kimia, serta masih kurangnya motivasi mahasiswa untuk mempelajari matematika kimia lebih mendalam. Kondisi tersebut disebabkan kemampuan masing-masing mahasiswa dalam mata kuliah matematika kimia berbeda-beda dan merasa bahwa matematika kimia tidak memiliki keterkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini perlu dilakukan karena ethnomathematics dan hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta motivasi mereka dalam mempelajari mata kuliah matematika kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana ethnomathematics dan hypnoteaching berdampak pada hasil belajar dan motivasi mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah matematika kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental non equivalent control group pada mahasiswa semester 1 program studi kimia FMIPA Unpad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ethnomathematics dan hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar serta motivasi mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah matematika kimia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan ethnomathematics dan hypnoteaching dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa dalam mata kuliah matematika kimia karena ethnomathematics dan hypnoteaching membuat mahasiswa merasa bahwa matematika lekat dengan kehidupan mereka sehari-hari, sehingga memotivasi mereka untuk mempelajari matematika lebih dalam lagi.

Kata Kunci: Ethnomathematics, Hypnoteaching, Hasil belajar, Motivasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ausubel, D. P. (1963). The Psychology of Meaningful Verbal Learning. New York: Grune and Stratton, Inc.

Akinsola, M. K., & Olowojaiye, F. B. (2008). Teacher Instructional Methods and Student Attitudes toward Mathematics. International Journal of Mathematics Education 3(1), 60-73.

Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). Effect of Ethnomathematics Teaching Approach on Senior Secondary Student’s Achievement and Retention in Locus. Educational Research and Review 4(8), 385-390.

Adenegan, K. E. (2015). Mathematics Drama and Ethnomathematics. A Presentation of the 13th International Conference Mathematics Education in a Connected Wordl, 1-9, Catania.

Curtis, K. M. (2006). Improving Students’ Attitude: a Study of Mathematics Curriculum Innovation. Dissertation. Pittsburg State University: Unpublished.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning Mathematics 5(1), 44-48.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational Beliefs, Values, and Goals. Annual Review of Psychology 53, 109-132.

Eduardo. (2001). Comparison of the Final of Students in Intermediate Algebra Taught with and without an Ethnomathematical Pedagogy. A Presentation to the Center for Study of Diversity in Teaching and Learning in Higher Education, 1-9, Miami, Florida.

Edistria, E. (2016). The Influence of Hypnoteaching in Problem-Based Learning to Students’ Mathematical Communication Skills. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1(2), 59-66.

Francois, K. (2012). Ethnomathematics in a European Context: towards an Enrichment Meaning of Ethnomathematics. Journal of Mathematics and Culture 6(1), 191-208.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks, California: Corwin Press, Inc.

Kusuma, D. A. (2018). Peningkatan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Ethnomathematics dengan Penerapan Mozart Effect (Studi Eksperimen terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama). Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak dipublikasikan.

Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika dengan Penerapan Mozart Effect. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika 4(1), 65-74.

Navis, A. A. (2013). Hypnoteaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Orey, D., & Rosa, M. (2004). Ethnomathematics and the Teaching and Learning Mathematics from a Multicultural Prespective. Proceedings of the 10th ICME, 21-24, Tipografia Editrice Pisana.

Owens, K. (2012). Policy and Practices: Indigenous Voices in Education. Journal of Mathematics and Culture 6(1), 51-75.

Ponte, J. P., Matos, J. F., Guimaraes, H. M., Leal, L. C., & Canavaro, A. P. (1994). Teachers’ and Students’ Views and Attitudes towards a New Mathematics Curriculum: a Case Study. Educational Studies in Mathematics 26(4), 347-365.

Rubio, J. S. (2016). The Ethnomathematics of the Kabihug Tribe in Jose Pangamiban, Camarines Norte, Philippines. Malaysian Journal of Mathematical Sciences 10, 211-231.

Safitri, D. N., & Purnamasari, N. I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Hypnoteaching terhadap Prestasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri II IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1), 1-8.

Shapiro, L. (1997). Mengajarkan Emosional Intelligent pada Anak. Jakarta: Gramedia.

Stathopoulou, C., Kotarinou, P., & Appelbaum, P. (2015). Ethnomathematical Research and Drama in Education Techniques: Developing a Dialogue in a Geometry Class of the 10th Grade Students. Latinoamericana de Ethnomatematica 8(2), 105-135.

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research 3(4), 42-50.

Saleh, H., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2018). Promoting Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through 7e Learning Cycle and Hypnoteaching Model. Journal of Physics: Conference Series 948, 1-5.

Taufik, A., & Suryanti. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Matematika. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2), 183-194.

Yan, N. (2010). The Secret of Stage Hypnosis Revealed. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2279

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>