Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek

Agustiany Dumeva Putri, Syutaridho Syutaridho, Retni Paradesa, Muhammad Win Afgani

Sari


Abstrak. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika. Namun, kemampuan ini belum optimal juga dicapai siswa pada jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa melalui inovasi pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah geometri transformasi. Inovasi tersebut melibatkan Geogebra dalam pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan  nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada salah satu universitas di Palembang. Berdasarkan pembelajaran, sampel dibedakan dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan inovasi pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal matematis, tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji statistika parametric dan non-parametrik untuk data kuantitaf, sementara data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapat inovasi pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Geometri Transformasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afgani, M. W. (2016). Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85 – 103.

Afgani, M. W., Suryadi, D., and Dahlan, J. A. (2017). Analysis of Undergradute Students' Mathematical Understanding Ability of the Limit of Function Based on APOS Theory Perspective. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012056.

Anita, I. W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 125 – 131.

Arifin, S. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Melihat Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 142 – 160.

Effendi, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Cendekia, 15(2), 305 – 318.

Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181-186.

Fry, H., Ketteridge, S., and Marshall, S. (2009). A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education: Enhancing Academic Practice. 3rd Edition. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group.

Hailikari, T., Katajavuori, N., & Lindblom-Ylanne, S. (2008). The relevance of prior knowledge in learning and instructional design. American journal of pharmaceutical education, 72(5), 113, 1-8.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Tersedia di http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, A. (2010). Bahasa Tubuh: Tanda dalam Sistem Komunikasi. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 224 – 234.

Horzum, T. and Unlu, M. (2017). PreService Mathematics Teachers' Views About Geogebra and Its Use. Acta Didactica Napocensia, 10(3), 77 - 89.

Klemm, W. R. (2007). What Good Is Learning If You Don't Remember It?. The Journal of Effective Teaching, 7(1), 61 - 73.

Martin, T. (2000). Calculus Students' Ability to Solve Geometric Related-Rates Problems. Mathematics Education Research Journal, 12(2), 74 - 91.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39 -43.

Mu’in, A., Suratman, D. dan Hartoyo, A. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Project Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(6), 1 – 12.

Nathalia, K. I., Sedanayasa, G. dan Japa, I G. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Operasional Konkret. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1 – 10.

National Council of Teachers of Mathematics . (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Octaria, D. (2013). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 181 – 194.

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 56 – 84.

Paradesa, R. dan Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran Matematika Berbantuan MAPLE pada Mata Kuliah Kalkulus Integral terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70 – 81.

Radatz, H. (1980). Students’ errors in the mathematical learning process: a survey. For the learning of Mathematics, 1(1), 16-20.

Rahman, A. (2010). Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak: Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.

Rahman, R. A., Yusof, Y. M., Kashefi, H., and Baharun, S. (2012). Developing Mathematical Communication Skills of Engineering Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 5541 - 5547.

Rais, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 189 – 205.

Ramdhani, M. R., Usodo, B., and Subanti, S. (2017). Student's Mathematical Understanding Ability Based on Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 909, 012065.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).

Sani, A. Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Seechaliao, T. (2017). Instructional Strategies to Support Creativity and Innovation in Education. Journal of Education and Learning, 6(4), 201 - 208.

Stacey, K. (2014). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia.Journal on Mathematics Education, 2(2), 95-126.

Sugilar, H. (2017). Daya Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 97 – 108.

Syutaridho. (2015). Pengembangan Soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Phytahoras. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1),117-138.

Webb, N. M. (1991). Task-Related Verbal Interaction and Mathematics Learning in Small Groups. Journal for Research in Mathematics Education, 22(5), 366 - 389.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Williams, C., Charles-Ogan, G. dan Adesope, R. Y. (2017). The Geogebra Interactive Software and Senior Secondary School Three (SSS3) Students' Interest and Achievement in Mathematics. International Journal of Mathematics and Statistics Studies, 5(1), 1 - 8.

Winastiawan, G. dan Sunarto. (2010). Pakematik Strategy Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Flex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>