Pemodelan Matematika: Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa?

Afrilia Eka Choiriyaza, Kadir Kadir, Moria Fatma

Sari


Abstrak. Representasi semiotik matematik merupakan bagian dari representasi matematika yang memegang peranan penting dalam berkomunikasi dan beriinteraksi di era abad digital 4.0.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi semiotik matematik siswa melalui intervensi metode pemodelan matematika berbantuan Autograph. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah di Tangerang Selatan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan randomized control group posttest only design. Sampel sebanyak 64 siswa, kelompok eksperimen 31 siswa dan kelompok kontrol 33 siswa berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian mengungkap bahwa penggunaan metode pemodelan matematik berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan representasi semiotik matematik. Capaian kemampuan representasi semiotik matematik meliputi kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk gambar (ikonik), ekspresi matematik (simbolik), dan kata-kata (indeks). Dari ketiganya, peningkatan representasi simbolik lebih baik dibandingkan ikonik dan indeks.

Kata Kunci: Pemodelan matematika, Autograph, Kemampuan representasi semiotik matematik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anhalt, C. O., & Cortez, R. (2015). Modeling: A Structured Process. Journal of Mathematics Teacher, 108(6), 448-458.

Bahmei, F. (2011). Mathemathical Modelling in Primary School, Advantages and Challenges. Journal of Mathematical Modelling and Applicaton, 1(9), 3-13.

Butler, D. (2007). Autograph Version 3: Getting Going with Autograph 3. UK: Eastmond Publishing Ltd.

CCSSI. (2010). Common Core State Standards for Mathematics. Washington DC: National Geovernors Association Center for Best Practices and the Council of Chief State School Officers.

Duval, R. (2006). A Cognitive Analysis of Problems of Comprehension in a Learning of Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 61(1-2), 103-131.

Eco, U. (1976). A Theory of Semiotics. Bloomington and London: Indiana University Press. Art Journal, 36(2), 180-186.

Hoed, B. H. (2014). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lampiran Permendikbud Nomor 59 tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lampiran Permendikbud Nomor 20 tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Lawson, D. and Mario, G. (2008). An Introduction to Mathematical modelling. Edinburgh: Bioinformatics and Statistics Scotland, University of Bristol.

Misel, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Metodi Didaktik, 10(2), 32-33.

NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. USA: Reston, VA.

Nursyarifah, N., Suryana, Y., & Lidinilah, D. A. M. (2016). Penggunaan Pemodelan Matematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 138-149.

PISA. (2015). Result (Volume I): Excellence and Equity In Education. Paris: OECD Publishing.

Pape, S. J., & Tchoshanov, M. A. (2001). The Role of Representation(s) in Developing Matematical Understanding. Theory into Practice, 40(2), 118-127.

Peirce, C. P. (1965). Basic Concepts of Peircean Sign Theory. In Gottdiener, M., Boklund-Lagopoulou, K. & Lagopoulos, A.P. (2003). Semiotics. London: Sage Publications.

Rangel, R. P., et al. (2016). Mathematical Modeling in Problem Situations of Daily Life. Journal of Education and Human Development, 5(1), 62-76.

Saragih, S., & Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 379-380.

Saussure, F. D. (1974). Course in General Lingustics. In Gottdiener, M., Boklund-Lagopoulou, K. & Lagopoulos, A.P. (2003). Semiotics. London: Sage Publications.

Sukyadi, D. (2011). Teori dan Analisis Semiotika. Bandung: Rizqi Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.1210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>