EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK BURDAH
DOI:
https://doi.org/10.33603/4ah6yt34Keywords:
etnomatematika, alat musik, burdahAbstract
Etnomatematika merupakan praktek matematis yang dikaitan dengan budaya yang ada didalam masyarakat, seperti makanan, rumah adat, alat musik, dan tarian. Etnomatematika lahir sebagai alternatif dan solusi dalam mengajarkan matematika yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hasil penemuan etnomatematika instrumen musik burdah di Dusun Teluk Pulai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan terfokus pada pendekatan etnografi. Data diperoleh dari salah seorang anggota grup burdah di Dusun Teluk Pulai Tengah dan alat musik burdah. Data dikumpulkan dan disusun dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi secara langsung temuan yang didapat. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan rancangan Miles dan Huberman dengan mereduksi, menyajikan, serta menarik kesimpulan dari data yang dianalisis sebelumnya. Hasil penelitian menemukan adanya konsep matematis pada bentuk instrumen musik burdah berupa konsep geometri bagun lingkaran, trapesium dan tabung yang dapat menjadi alternatif media dan sumber belajar dalam pembelajaran matematika, serta dapat menumbuhkan rasa cinta, menghargai dan bangga akan budaya bangsa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 EUCLID

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.