PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Putri Lathifah Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/b9tfc055

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP YLPI Perhentian Marpoyan Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan the non-equivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YLPI Perhentian Marpoyan. Kemudian, sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh dimana kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan VIII.2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes.  Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis didapat nilai Sig  dan hal ini berarti  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP YLPI Perhentian Marpoyan.

Downloads

Published

2024-05-05

Issue

Section

Artikel

Citation Check