OPTIMASI INSTRUMEN TES PEMAHAMAN KONSEP BENTUK DAN OPERASI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.33603/k392n535Keywords:
Aljabar, Instrument tes, Pemahaman Konsep, Reliabilitas, ValiditasAbstract
Pemahaman yang baik terhadap materi aljabar sangat penting bagi kemajuan siswa dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu fisika, teknik, dan ekonomi. Oleh karena itu, pengembangan instrumen tes yang tepat dan berkualitas diperlukan untuk memastikan validitas dan reliabilitas hasil pengukuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes yang tepat mengukur pemahaman konsep siswa dalam materi aljabar, serta untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen tes tersebut. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas VIIA salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan instrument tes dengan menggunakan review literatur, identifikasi tujuan dan konsep materi, dan expert judgement. Setelah itu, instrument tes diuji validitas dan reliabilitasnya serta temuan-temuan masalah dalam hasil pekerjaan siswa untuk dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang memadai setelah melalui proses revisi. Namun, hasil pekerjaan siswa mengungkapkan beberapa masalah dalam pemahaman konsep, seperti kurangnya ketelitian, kesulitan memahami perintah soal, dan kesalahan dalam menjelaskan konsep tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen tes ini dapat digunakan dengan efektif untuk mengukur pemahaman konsep siswa untuk materi bentuk dan operasi aljabar setelah dilakukan perbaikan tertentu.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Magdalena Wangge, Al Jupri, Turmudi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.