MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY: MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/z3az0g65Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Pemahaman MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray baik dengan rata-rata persentase selama tiga pertemuan adalah sebesar 78,17%. (2) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada setiap indikator, nilai gain pada indikator 1 yaitu sebesar 0,88, nilai gain pada indikator 2 yaitu sebesar 0,65, nilai gain pada indikator 3 yaitu sebesar 0,62, nilai gain pada indikator 4 yaitu sebesar 0,68, nilai gain pada indikator 5 yaitu sebesar 0,58, nilai gain pada indikator 6 yaitu sebesar 0,58. (3) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa secara keseluruhan yaitu dengan nilai gain yang didapat sebesar 0,63. (4) self confidence siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terlihat sudah sangat baik dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari sikap positif siswa sangat tinggi terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray yaitu sebesar 80,00%.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muchamad Subali Noto, Nia Setiani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.