Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbasis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Dewi Nur Alya Syafita STKIP MODERN NGAWI, Indonesia
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP MODERN NGAWI, Indonesia
  • Anwas Mashuri STKIP MODERN NGAWI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8520

Abstract

Model adalah suatu kerangka atau desain untuk membantu proses yang disederhanakan dari suatu sistem kerja. Pembelajaran pada siswa kelas VIII SMPN 3 Ngawi bahwa pencapaian standar kompetensi pembelajaran matematika di sekolah hanya sampai pada level kognitif C3 (aplikasi). Disamping itu, juga, anak-anak merasa sulit untuk memecahkan beberapa masalah narasi matematika karena kurangnya minat mereka dalam membaca. Untuk mencapai capaian pembelajaran terbaik, pendekatan tersebut harus digunakan sebagai alternatif untuk membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan dampak dari nilai-nilai yang ditanamkan oleh pendekatan pedagogis berbasis masalah yang didasarkan pada literasi matematika, pengajaran berbasis masalah, dan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan tiga kelompok peserta yang berbeda. Dengan menggunakan uji One Way ANOVA dihasilkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik di antara ketiga perlakuan yang diberikan. Kemudian dilakukan uji Tukey hanya pendekatan problem based learning yang didasarkan pada literasi matematika yang menunjukkan perbedaan penting dari model pembelajaran langsung.  

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem based Intruction, Literasi Matematika, Berpikir Kritis

References

Afianto, D. (2022). Pelaksana Teknis PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2022. www.dafitglobal.com.

arifin, n. (2021). pengantar statistika 1. In a. nurrohmah, pengantar statistika 1 (Vol. p 35). jawa barat: media sains indonesia.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. AKSIOMA, 8(1), 50.

Detagory, W. N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017). Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(2), 926–933.

Efendi R, Jusman T, Fenny H. (2022). Pengantar pendidikan. tasikmalaya: PCRI (penerbit perkumpulan rumah cemerlang indonesia).

Fakhriyah, F., -, S., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Wage II Taman Sidoarjo. Jurnal Pgsd, 6(11).

Gusnawati. (2021). The influence of problem based instruction (pbi) learning model based on mathematical literacy on critical thinking skills in learning mathematics for fourth grade students of cluster ii, tamalanrea, makassar

Hadi, H. (n.d.). Hadi | Model Pembelajaran ….. | 274, 274–280.

IEA TIMSS. (2019). About TIMSS 2019. Boston Collage, 1–5.

Istiandaru. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica, 5(1), 1–11.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Kurniawan, P. W. (2014). Cluster Random Sampling . Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 06(April).

Nurcahyanto, G. (2020). Uji Instrumen Penelitian Uji Validitas. Ebook Uji Instrumen Penelitian, 1–19.

Octavia, S. A. (2020). model model pembelajaran. jogjakarta: DEEPUBLISH.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum Di Indonesia PISA Effect on Curiculum in Indonesia. jurnal pendidikan dan kebudayaan 4 no 1.

Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Dalam menyelesaikan soal higher order thingking ditinjau dari kemampuan matematika. Volume 1, Nomor 5, h.87.

riadi, m. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Retrieved 11 23, 2021, from

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urban Green Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Sugiyono. (2010). In Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (p. 112). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2.

Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021 Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Cahyono, B. (2017). ANALISIS KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU PERBEDAAN GENDER. AKSIOMA, 8(1), 50.

Fakhriyah, F., -, S., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 74–80.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Wage II Taman Sidoarjo. Jurnal Pgsd, 6(11), 1990–1999.

Gusnawati. (2021). The influence of problem based instruction (pbi) learning model based on mathematical literacy on critical thinking skills in learning mathematics for fourth grade students of cluster ii, tamalanrea, makassar.

IEA TIMSS. (2019). About TIMSS 2019. Boston Collage, 1–5.

Nurcahyanto, G. (2020). Uji Instrumen Penelitian Uji Validitas. Ebook Uji Instrumen Penelitian, 1–19.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Published

2023-06-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check