PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DALAM KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Laelasari Laelasari Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon, Indonesia
  • Toto Subroto Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon
  • Nurul Ikhsan Karimah Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v1i2.347

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; (1) Mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dan pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E. Uji coba penelitian ini dilakukan di FKIP Unswagati Cirebon, sampel penelitian kelas D dan G mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Ilmu Ekonomi tahun akademik 2013/2014. Hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan representasi matematis antara mahasiswa yang pembelajarannya dengan menggunakan learning cycle 7E dengan pembelajaran secara konvensional.(2) Adanya peningkatan kemampuan representasi matematis yang signifikan pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan learning cycle 7E. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajarannya menggunakan learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa.

Kata Kunci: learning cycle 7E, representasi matematis,

Author Biography

Laelasari Laelasari, Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon

Kepala Laboratorium Mikro Teaching FKIP Unswagati Cirebon

References

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Sept.:56-59. Reprented with permission from The Science Teacher (70(6): 56-59), a journal for high school science educators published by the National Science Techers Association (www.nsta.org).

Budiningsih, A.C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Jones, A.D. 2000. The Fifth Process Standart: An Argument to Include Representation in Standards 2000. [on-line]. Tersedia: http://www.math. umd.edu/~dac/650/ jonespaper.hmtl [10 Desember 2007].

Lyn, D. 2002. English-Handbook of International Research in Mathematics Education. London. LEA(Lawrence Erlbaum Associates).

National Council of Teacher Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston. VA.

Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam PengajaranMatematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. PenelitianKuantitatif,Kualitatifdan R and D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. 2010. Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan Peserta Didik. Makalah. FPMIPA. UPI.

Yazid, A. 2012. Kooperative TTW Strategy Mathematical Representation Ability. Universitas Negeri Semarang. Journal of Primary Education.

Published

2014-07-01

Issue

Section

Artikel

Citation Check