PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v1i2.346Abstract
Untuk mengatasi masalah belajar, guru perlu mengadakan pendekatan pribadi disamping pendekatan instruksional dalam berbagai bentuk yang memugkinkan guru dapat lebih mengenal dan memahami siswa serta masalah belajarnya. Dalam proses pelaksanaannya, Kurikulum 2013 memiliki pola pikir dimana peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama melalui pola pembelajaran interaktif antara guru-peserta didik- masyarakat-lingkungan alam dan sumber/media lainnya. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Kegiatan pendidikan seperti pengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem evaluasi, dan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Salah satu ciri dari pembelajaran matematika yang diusung oleh Kurikulum 2013 adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik sangat relevan dengan teori belajar yaitu teori Bruner, teori Piaget, dan teori Vygotsky.
Kata Kunci: Psikologi, Pembelajaran di SMK, Kurikulum 2013
References
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Hill, W. F. (2010). Theories of Learning. Bandung: Nusa Media
Kementrian Pendidikan Nasional. (2013) Kemendikbud. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta.
Loomis, K.S & Martin, D. J. (2007). Building Teachers A Constructivict Approach to Introduction Education. USA: Wadsworth.
Mason, J. (2002). Researching Your Own Practice The Discipline of Noticing. New York: Routledge
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sobel, M. A & Maletsky, E. M. (2003). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.