PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII

Authors

  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v3i2.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis
siswa kelas VII setelah diberikan pendekatan realistik berbantuan ICT. Dua sekolah dipilih
pada kategori sekolah sedang dan rendah, kemudian secara purposif diambil masing-masing
tiga kelas untuk mendapatkan tiga perlakuan pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan
realistik berbantuan-ICT lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran
realistik (tanpa berbantuan-ICT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,
ditinjau dari kategori sekolah dan data secara keseluruhan.
Kata Kunci: pendekatan realistik berbantuan-ICT, penalaran matematis

Published

2017-03-26

Issue

Section

Artikel

Citation Check