PERBANDINGAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY

Authors

  • Lilis Rodiawati MAN 2 Kota Cirebon, Jl. Bandung A2 No, 1 Taman Nuansa Majasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v3i2.333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil kemampuan
koneksi matematika siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Discovery
Learning dengan model pembelajaran Knisley. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif bersifat eksperimen, sedangkan desain penelitian
menggunakan desain random (Posttest Equivalent Group). Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 82 siswa yang terbagi dua kelas eksperimen. Hasil nilai rata-rata kemampuan
koneksi matematika pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Discovery Learning
sebesar 28,50. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa pada kelas
yang menerapkan model pembelajaran Knisley sebesar 38,50. Serta hasil analisis data uji beda
disimpulkan terdapat perbedaan hasil kemampuan koneksi matematika siswa antara yang
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Knisley.
Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning, model pembelajaran Knisley,
kemampuan koneksi matematika siswa

Published

2017-03-26

Issue

Section

Artikel

Citation Check