PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMESTOURNAMENTS
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualifikasi kemampuan komunikasi matematis siswa
yang dianggap perlu untuk mencapai kualifikais tinggi karena kemampuan komunikasi
merupakan salah satu standar kemampuan matematis yang harus dikuasai oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Gunung Jati tahun ajaran 2012/2013. Sampel dipilih berdasarkan purposive
sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIF
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikais
matematis siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi kelas eksperimen termasuk ke
dalam kualifikasi tinggi sedangkan kelas kontrol berkualifikasi sedang. Sehingga diperoleh
kesimpulan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments lebih baik daripada siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments, Kemampuan
Komunikasi Matematis.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.