MENINGKATKAN KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i1.323Abstract
Peningkatan kompetensi profesional dosen sudah seharusnya mendapat
perhatian khusus, karena dengan meningkatnya kualitas kompetensi profesional
dosen akan berdampak pada kualitas pembelajaran, dengan meningkatnya
kualitas pembelajaran akan mempengaruhi peningkatan kualitas belajar
mahasiswa, yang pada akhirnya diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas
lulusan. Peningkatan kualitas lulusan ditentukan oleh kemampuan dosen dalam
mengevaluasi mahasiswanya. Evaluasi dapat dilakukan terutama selama dan
setelah proses pembelajaran berlangsung. Selama proses pembelajaran
berlangsung, kita dapat mengevaluasi melalui observasi tentang kualitas proses
pembelajaran, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Setelah
proses pembelajaran berlangsung, kita dapat mengevaluasi tentang hasil belajar
yang telah dicapai oleh mahasiswa, apakah hasil belajarnya sudah menunjukkan
hasil yang sesuai dengan tujuan yang telah dibuat sebelum pembelajaran
berlangsung. Oleh karena itu dosen diharapkan dapat lebih memahami tentang
evaluasi, bagaimana cara mengevaluasi, terutama dalam hal mengkonstruksi
butir soal berdasarkan kisi-kisi, pengadministrasian tes, pengolahan hasil tes, dan
analisis butir soal.
Kata Kunci: Evaluasi Hasil Belajar, Mengkontruksi, dan Analisis Butir Soal.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.