DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i1.321Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
komunikasi matematis ditinjau dari rasa percaya diri mahasiswa. Subjek
penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Mahasiswa FKIP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mengambil mata kuliah
statistika deskriptif. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan
angket untuk mendapatkan data rasa percaya diri mahasiswa, tes dan
wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis
mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan rasa
percaya diri rendah belum mampu menyajikan data dalam bentuk diagram
sesuai dengan tujuannya, tetapi sudah mampu menyajikan data tunggal ke
dalam tabel distribusi frekuensi. Responden dengan rasa percaya diri
sedang sudah mampu menyajikan data dalam bentuk diagram sesuai
dengan tujuan dan tabel distribusi frekuensi dari data tunggal. Sedangkan
responden dengan rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menyajikan
data dalam bentuk diagram sesuai dengan tujuannya dan tabel distribusi
frekuensi dari data tunggal dan histogram frekuensi.
Kata Kunci : rasa percaya diri, kemampuan komunikasi matematis
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.