ANALISIS KORESPONDENSI, ALTERNATIF UJI STATISTIK PENELITIAN (Hubungan Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Orangtua dengan Nilai Raport Matematika Siswa)
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i1.320Abstract
Banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang menggunakan istilah/ilmu statistik,
hal ini seharusnya menyadarkan kita akan pentingnya ilmu statistika, statistika bisa
dijadikan alat: Deskripsi, komparasi, korelasi, regresi, dan komunikasi (Usman, 2006: 9).
Lebih jauh, dalam kajian statistika penelitian, terdapat metode untuk menggali lebih
dalam informasi statistik seperti yang dicontohkan di atas, diantaranya Analisis
Korespondensi yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara dua atau lebih
peubah kualitatif, yaitu dengan teknik multivariat secara grafik yang digunakan untuk
eksplorasi data dari sebuah tabel kontingensi (Mattjik, A. dan Sumertajaya 2011: 279).
Selanjutnya, sebagai ilustrasi aplikasi analisis korespondensi, contoh kasus yang diteliti
dalam makalah ini adalah hubungan antara tingkat pendidikan dan penghasilan
Orangtua dengan nilai raport matematika siswa. Adapun tujuan pembuatan makalah ini
adalah memperoleh informasi yang valid dan relevan tentang Analisis Korespondensi,
mempraktekan penggunaan Analisis Korespondensi pada kasus penelitian hubungan
antara tingkat pendidikan dan penghasilan Orangtua dengan nilai raport matematika
siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan tujuan studi
adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut; Pertama, analisis korespondensi adalah
suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara dua atau lebih peubah kualitatif, lalu,
aplikasi analisis korespondensi pada penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan
perangkat lunak SPSS. Kedua, tingkat pendidikan dan penghasilan Orangtua tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai raport matematika siswa kelas X SMK Assalaam.
Dengan kata lain, meskipun hubungan antara Tingkat pendidikan dan Penghasilan
Orangtua dengan nilai raport matematika siswa cukup berarti namun hubungan antar
keduanya tidak signifikan. Dengan analisis korespondensi dapat ditelaah bahwa siswa
dengan pendidikan Orangtua SMA cenderung dekat dengan nilai raport matematika
siswa yang memuaskan (nilai A dan A-), sedangkan pendidikan Orangtuanya SD dan
SMP cenderung dekat dengan nilai raport matematika yang sedang B dan B+.
Selanjutnya, siswa dengan penghasilan Orangtua kategori 1, 2, dan 5 cenderung dekat
dengan nilai raport matematika siswanya yang sedang (nilai B+), sedangkan penghasilan
Orangtuanya kategori 3 cenderung dekat dengan nilai raport matematika yang sedang/B
dan memuaskan/A.
Kata kunci: Statistika, Analisis korespondensi, Hubungan tingkat pendidikan dan penghasilan
Orangtua dengan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.