PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i1.319Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa dan
kemampuan literasi matematis siswa masih rendah dibawah nilai yang diharapkan. Hal
ini didukung dengan hasil belajar siswa pada ulangan akhir semester yang lalu, pelajaran
matematika mendapatkan rata-rata nilai murni sebesar 50,43 masih dibawah nilai KKM
yaitu sebesar 72. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi
seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Tengah Tani, sampelnya dipilih secara purposive sampling.
Kelas yang dipilih untuk menjadi sampel, yaitu kelas IX G sebagai kelas eksperimen dan
kelas IX F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian untuk
mengukur kemampuan literasi matematis siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa,
RPP, LKS, dan angket respons. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian pada kelas
eksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari aktivitas siswa
yang ditumbuhkan dengan pendekatan Metaphorical Thinking sebesar 88,0% terhadap
kemampuan literasi matematis siswa. Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis
siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking daripada
siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil
angket diketahui respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan Metaphorical Thinking pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)
menunjukkan adanya tanggapan baik.
Kata Kunci: Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Literasi Matematis
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.