Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantu Maple Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Eka Ria Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantu maple terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMA Negeri 1 Muaragembong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini mencangkup siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muaragembong pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan sampel yang diteliti sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel diambil dari subjek yang sudah ada berdasarkan data kelas yang sudah terbentuk. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMA Negeri 1 Cabangbungin untuk 38 siswa. Uji prasyarat analisis yang dilakukan diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas  pada kelas eksperimen dan kontrol sehingga diperoleh hasil data yang homogen dari kedua kelas tersebut. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan menghasilkan  sebesar 2,652 yang mengakibatkan tolak  pada taraf signifikan 0,05 dengan Effect Size sebesar 0,606 yang tergolong sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantu maple terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v8i1.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>