Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa

Bintari Nur Falah, Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara gaya belajar matematika dan minat belajar matematika siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimen dengan rancangan penelitian survey design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Pogalan kelas VIII D sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrument data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunaan skala gaya belajar dan minat belajar siswa dengan empat pilihan jawaban, serta soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, angket gaya belajar, angket minat belajar, tes pilihan ganda, wawancara. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar matematika dan minat belajar matematika siswa terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Pogalan Kelas VIII D, atau dengan kata lain terdapat pengaruh hasil belajar matematika yang memiliki minat belajar dan gaya belajar yang berbeda-beda.


Full Text:

PDF

References


Aini, Khusnul Muslimah. 2016. Naskah Publikasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andriyani, Retno, and Nisvu Nanda Saputra, “Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar Mahasiswa.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dengan tema “Pengembangan 4C’s Dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan Pengembangan Kurikulum Matematika,†dalam http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/ProsidingPendidikanMatematikaPascaUM2016.pdf., diakses 09 November 2017.

Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hamsar. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Ipa Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Paoâ€. Makassar: Skripsi Prodi Fisika UIN Alauddin Makassar.

Haryati, Nanik. 2015. “Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015â€. Yogyakarta: Skripsi Prodi Pra Sekolah dan Sekolah Dasar UNY.

Laksana, Ihsan Walidin, Pujiastuti, Heni dan Khaerunnisa, Etika, “Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematis Dan Tipe Kepribadian Jurusan Pendidikan Matematika . Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan . Universitas Sultan Ageng Tirtayasa,†dalam http://www.academia.edu/17386088/Jurnal_Penelitian_Kualitatif, diakses 01 November 2017.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Yuwono, Aries. 2010. “Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan MasAlah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadianâ€. Surakarta: Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>