Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Endang Herawan

Sari


Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Maka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di sekolah diperlukan penggunaan model pembelajaran aktif salah satunya adala                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 tipe active debate.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi antara siswa yang menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa tidak menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe active debate terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 4 kelas IIS yaitu XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest, postes dan angket.

Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate pada mata pelajaran ekonomi sangat positif yaitu sebesar 83, 93%. Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan diperoleh perhitungan dari nilai n-gain yaitu nilai thitung = 15,036 dengan derajat kebebasan (df) (n1+n2-2) = 80-2 = 78, diperoleh ttabel= 2,000 dengan α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel,  maka nilai thitung akan lebih besar dari ttabel (15,036 > 2,000), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, Penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat mempengaruhi hasil belajar siswa bahwa thitung > ttabel,yaitu15,863 > 2,000, hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lemahabang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Buku

Antar Semi. (2009). Trampil berdiskusi dan berdebate. Titian ilu Bandung

Aunurrahman. (2011).Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran Edisikesatu. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21(kunci sukses implementasi kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda,M. (2013). Model-Model pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Silberman Melvin L. (2011). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Sudjana,N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta CV.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstua). Jakarta: Prenadamedia Grup.

B. Jurnal

Aryanti, Melda. (2012). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Penelitian Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran IPS SMPN 14 Kota Cirebon. Skripsi. Cirebon: (Tidak diterbitkan)

Fransiskus Ardi Putranto. (2011). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.5 SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Active Debate. Jurnal Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Moh. Maulana. (2014). Pengaruh Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Ekonomi. Skripsi Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Aang Angga Nugraha Setiawan (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon.†Skripsi Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.935

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>