DESAIN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBASIS WEB PADA PERKULIAHAN PRAKTIKUM AKUNTANSI MANUAL
Sari
Penelitian ini secara khusus bertujuan menghasilkan Modul Akuntansi berbasis web yang valid. Dalam jangka panjang bertujuan dapat mengembangkan modul pembelajaran e-learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket lembar validasi ahli dan praktisi, Adapun teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif hasil validasi dari subjek validasi adalah teknik deskriptif presentase dengan mengubah data kuantitatif menjadi bentuk presentase, selanjutnya diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk bahan ajar Akuntansi Berbasis Web dapat dihasilkan dan dikembangkan; (2) Kelayakan produk bahan ajar yang dihasilkan adalah baik, ditunjukan dengan  hasil validasi  ahli materi sebesar 88%, Ahli Web 90% dan Ahli Praktisi Sebesar 89%, rerata penilaian para ahli sebesar 89% dengan tingkat validitas Layak  (baik tanpa revisi), sehingga modul akuntansi berbasis web layak diujicobakan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astiwi, F.W. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia untuk Siswa SMP. Malang: Universitas Negeri Malang.
Habibi A. G., Kurniawan A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Keseimbangan Benda Tegak. E-Journal UNESA Vol (1) 2
Hujair A.H. (2013). Media Pembelajaran Interakif Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.
Irmayanti, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Web blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 14, No.1.hal (45-54)
Poore M. (2013). Using Social Media In The Classroom a Best Practice Guide. Singapore: Replika Press
Purwadi A., Surjono H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2 hal. 152-165
Puspitasari S. D., Mustaji (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web dengan Menggunakan Prinsip-Prisip Model di SMA Elaborasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 13 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol. I, No.I.
Riduwan, (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata (2013). Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tasri Lu’mu (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK. Vol.3. No.2
Yuhefizar (2013). Cara Mudah dan Mura Membangun dan Mengelola Website. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1513
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.