Kesadaran Metakognitif Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 8 Padang

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33603/dj.v11i2.9530

Abstrak

Metakognitif menjadi bagian sentral dalam mengontrol proses berpikir. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif yang baik diasumsikan dapat mengontrol proses berpikirnya sendiri sehingga menjadi pembelajar yang mandiri. Kesadaran metakognitif memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaraan metakognitif siswa dalam penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada 100 orang sampel dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif untuk data angket dan analisis konten untuk data hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran metakognitif siswa di SMA Negeri 8 Padang dalam penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa indonesia tergolong baik dengan persentase 79,10%. Dari segi pengetahuan metakognitif, siswa memiliki kesadaran yang sangat baik dengan persentase 82,47%. Dari segi strategi metakognitif, siswa memiliki kesadaran yang baik dengan persentase 77,36%. Siswa sudah memiliki kesadaran akan pengetahuan metakognitif dan memerlukan dorongan dalam upaya peningkatan kesadaran akan strategi metakognitif. Guru juga perlu memberikan motivasi kepada siswa dan senantiasa melakukan aktivitas yang mendorong peningkatan kesadaran metakognitif siswa.

Diterbitkan

2024-07-20

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check