Implementasi Model Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Pembelajaran Morfologi Bahasa Indonesia

Penulis

  • Juwanda Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wagiran Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Subyantoro Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/zv9h9p92

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi penggunaan model evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran mata kuliah Morfologi Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik wawancara. sumber data dalam penelitian ini dalah dosen pengampu mata kuliah Morfologi Bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah implemntasi penggunaan model evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran mata kuliah Morfologi Bahasa Indonesia terbagi dalam tiga kegiatan (1) tugas harian yang termasuk kedalam evaluasi formatif, (2) Ujian Tengah Semester (UTS) yang termasuk kedalam evaluasi formatif, dan (3) Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan bagian dari evaluasi sumatif. Hasil dari ketiga kegitan penilaian itu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran mata kuliah Morfologi Bahasa Indonesia di tahun yang akan datang.

Diterbitkan

2024-05-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check