Respons Mahasiswa Terhadap Media Digital SebagaiSumber Belajar Berpikir Kritis

Penulis

  • Tazqiah Nuralizza Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Riskha Arfiyanti Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Mira Nuryanti Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/075wh864

Kata Kunci:

respons mahasiswa, internet, media digital, sumber belajar, berpikir kritis

Abstrak

Tekonologi digital saat ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran yang kekinian dan sumber potensial dalam pembelajaran. Internet, terutama beragam bentuk media digital, menjadi sumber populer yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respons mahasiswa terhadap pemanfaatan media digital sebagai sumber belajar dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital digunakan mahasiswa sebagai sumber untuk mencari referensi sekait materi perkuliahan dan referensi untuk mengerjakan tugas kuliah. Di samping itu, mahasiswa mengungkapkan dampak negatif dari media digital sebagai sumber belajar di antaranya kemudahan untuk copy paste/ plagiat dan  memunculkan rasa malas berpikir sehingga dapat berpengaruh terhadap melemahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Namun, pada sisi lain media digital juga dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis karena mahasiswa harus memilih dan menentukan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

Diterbitkan

2024-05-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check