Speed Reading Techniques (Sprites) Dengan Media Komputer Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Membaca Cepat
DOI:
https://doi.org/10.33603/gar24796Kata Kunci:
Sprites, Membaca Cepat, Media Komputer, Kearifan LokalAbstrak
Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan Sprites (Speed Reading Teknik) dengan menggunakan media komputer berbasis keraifan lokal dalam pembelajaran membaca cepat. Metode penulisan dilakukan dengan studi literatur dengan mengkaji berbagai teori yang sesuai topik penulisan. Hasil kajian diperoleh Sprites teknik baru dalam pembelajaran membaca cepat yang dirancang untuk meningkatkan KEM (Kemampuan Efektif Membaca terdiri dari lima langkah, yaitu minat dan motivasi, peningkatan periferal, kecepatan gerakan mata, survei wacana, dan konsentrasi yang dapat dilatihkan. Pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat diterapkan dengan media komputer berbentuk animasi dan wacana yang berbasis kearifan lokal. Dengan demikian, penerapan Sprites dengan media komputer berbasis kearifan lokal pada pembelajaran membaca cepat dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat dan literasi siswa Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.