Strategi Membaca Pemahaman yang Efektif dan Efisien

Penulis

  • Khalimi Romansyah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.407

Abstrak

Membaca pemahaman merupakan sarana atau media yang sangat penting dalam rangka memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kegiatan membaca pemahaman perlu dilakukan secara efektif dan efisien agar informasi atau ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Hal ini tentu saja memerlukan strategi tertentu yang harus dikuasai dan diterapkan oleh pembaca. Strategi yang harus dikuasai oleh pembaca agar kegiatan membaca pemahamannya berjalan dengan efektif dan efisien, yaitu : 1) Pembaca harus memiliki kecepatan membaca yang proposional ( memadai ), artinya kecepatan membaca yang dimiliki pembaca harus sesuai dengan tingkat kematangan intelektualnya. Dan 2) Pembaca harus memiliki keterampilan menemukan informasi fokus, artinya pembaca mampu menemukan informasi fokus bacaan atau informasi yang diperlukannya dengan cepat dan akurat. Keterampilan menemukan informasi fokus  meliputi : 1) Kemampuan pembaca dalam mengidentifikasi atau menentukan informasi fokus bacaan, baik informasi fokus kallimat, informasi fokus paragraf, maupun informasi fokus wacana. Serta 2) Kemampuan pembaca dalam menerapkan teknik-teknik membaca yang tepat  atau sesuai dengan tujuannya. Teknik-teknik membaca tersebut adalah teknik baca-pilih, teknik baca-lompat, teknik baca-layap, dan teknik baca-tatap.

Kata Kunci: Srategi, membaca pemahaman, efektif dan efisien, informasi fokus,   kecepatan membaca, teknik-teknik membaca.

Referensi

Alexander, J. E. (1983). Teaching Reading. Boston, Toronto : Little, Brown and Company.

Burmeister, Lou E.( 1978 ) Reading Strategies for Middle and Secondary school Teachers. Massachusetts : Addison wisley Publishing Company.

Dalman(2014 ). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

.

Djamarah, S. B.(2007). Rahasia Sukses Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Goodman, Yetta M, Burke, Carolyn, and Sherman Barry( 1980 ). Reading Strategis Focus on Comprehension. New York : Holt, Rinchart and Winston.

Harjasujana, A.S. dan damaianti, V.S. ( 2003 ).Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung : Mutiara.

Harjasujana, A.S. dan Misdan, U. ( 1987 ). Proses Belajar Mengajar Membaca. Bandung : Yayasan BFH.

Harris, A.J. ( 1986 ). How to Increase Reading Ability. New York : Longman Inc.

Hernowo ( Edt. ) (2003 ). Quantum Reading : Cara Cepat nan Bermanfaat untukMerangsang MunculnyaPotensi Membaca.Bandung : MLC.

Judson, H.( 1972 ) The Techniques of Reading. New York : Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Keraf, Gorys ( 2004 ). Komposisi. Ende, Flores : Nusa Indah.

Rahim, F. ( 2005). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Shapiro, Nathaniel ( 1978 ). Reading efficiency.New York : Scholastic Book Servis

Suhendar, M.E. dan Supinah, Pien ( 1997 ). Bahasa Indonesia : Pengajaran dan Ujian Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis. Bandung : Pionir Jaya.

Tampubolon, DP. ( 2015 ). Kemampuan Membaca : Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa.

Tarigan, H.G.( 2008 ). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

................... ( 2015 ). Membaca Ekspresif. Bandung : Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2017-05-01

Citation Check