UPAYA MENINGKATKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Yuna Mumpuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap peningkatan potensi dan hasil belajar siswa dalam menulis teks Report di Kelas IX SMP Negeri 4 Cirebon. Penelitian berupa tindakan kelas reflektif yang diselenggarakan dalam dua siklus penelitian dan melibatkan 26 siswa, serta peneliti sebagai partisipan-observer. Penelitian bersifat deskriftif-kualitatif dimana hasil temuan dari observasi, rekaman video, catatan lapangan dan hasil tes tulisan siswa ditelaah secara deskriptif kualitatif berdasarkan teori-teori yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD mampu meningkatkan penggalian potensi siswa dalam belajar menulis teks Report. Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disenangi oleh siswa dan membawa dampak positif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, diantaranya peningkatan motivasi untuk bertanya dan berdiskusi. Namun diperlukan motivasi maksimal dari guru terhadap siswa yang mengikuti kegiatan belajar, mengingat kegiatan belajar yang diselenggarakan tergantung pada minat dan motivasi siswa dan suasana kelas cenderung tidak kondusif.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176

execute(); ?>