KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2014

Dedy Kusmayadi, Aang Curatman, Muhammad Taufik Hidayat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepuasan masyarakat terhadap kinerja aparat Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayanan administrasi dasar seperti KTP, akta kelahiran/kematian, IMB, dan bagaimana kepuasan tersebut terhadap keadaan infrastruktur dan utiliti dasar seperti kualitas jalan, trotoar, drainase, penerangan jalan. Bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan sosial dasar seperti pendidikan, dan kesehatan. Bagaimana kepuasan masyarakat terhadap dukungan ekonomi dasar yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. Bagaimana kepuasan masyarakat terhadap program-program umum yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. Bagaimana kepuasan masyarakat secara umum dan apakah ada perubahan (penurunan atau peningkatan) dalam kepuasan masyarakat dibandingkan dengan hasil survey tahun sebelumnya.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan Pemerintah Kabupaten Kuningan diadopsi dari Kementerian Dalam Negeri RI - Bank Pembangunan Asia (ADB). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk Kabupaten Kuningan yang berusia di atas 15 tahun di mana berdasarkan Suseda Kabupaten Kuningan Tahun 2013 berjumlah sebanyak 723.248 orang yang tersebar di 32 kecamatan. Metode penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara kluster (cluster sampling). Dalam penelitian ini yang menjadi clusternya adalah kecamatan di Kabupaten Kuningan sebanyak 32 kecamatan. Kemudian dari 32 kecamatan ini masing-masing diambil sampel anggota masyarakat sebagai responden.

Hasil survey kepuasan masyarakat secara umum dan keseluruhan yang menyangkut ke lima bidang pelayanan tersebut diperoleh skor rata-rata sebesar 87,55 % yang berarti masyarakat merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. Berdasarkan hasil survey tahun 2014 ini, kepuasan masyarakat Kabupaten Kuningan meningkat sebesar 1,11 % dibandingkan dengan hasil survey tahun 2013 sebesar 86,44 %.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176

execute(); ?>