PENGARUH UJI MINUS ONE TEST PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN MENTIMUN

ida atmaja

Sari


Tanaman membutuhkan hara guna menjamin pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hara tersebut selanjutnya akan digunakan untuk proses metabolisme tanaman dan setiap unsur hara yang diserap tanaman memiliki fungsi spesifik yang umumnya tidak dapat digantikan oleh unsur lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan fungsi dan pengaruh unsur hara nitrogen, fosfor dan kalium terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman mentimum. Perlakuan yang diuji adalah minus N, minus P, minus K, pemberian pupuk NPK dan tanpa pupuk NPK. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanaman yang mendapat perlakuan pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap peningkatan tinggi tanaman. Sedangkan pada variabel jumlah daun semua perlakuan yang diberikan tidak berbeda nyata, akan tetapi berdasarkan pengamtan visual di lapang terdapat perbedaan yang mencolok terhadap warna daun yang dihasilkan.
Kata Kunci : Fosfor, Kalium, Minus one test, Mentimun, Nitrogen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harjanti, R.A., Tohari & S. N. H. Utami. 2014. Pengaruh Takaran Pupuk Nitrogen dan Silika terhadap Pertumbuhan Awal (Saccharum officinarum L.) pada Inceptisol. Vegetalika 3(2) pp 35-44

Havlin, J.L., J.D Beaton., W.L Nealson and S.L. Tisdale. 2005. Soil Fertility and Fertilizers. An Introduction to Nutrient Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mamonto, R. 2005. Pengaruh Penggunaan Dosis Pupuk Majemuk NPK Phonska terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jagung Manis (Zea mays saccharata slurt). Fakultas Pertanian Universitas Icshan, Gorontalo.

Munawar, Ali. 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Pemupukan. IPB Pres

JURNAL LOGIKA, Vol XIX No 1 April 2017 p-ISSN : 1978-2560

http://jurnal.unswagati.ac.id e-ISSN : 2442-5176

Safuan, L. O. 2007. Penyusunan Rekomendasi Pemupukan N, P dan K pada Tanaman Nenas (Ananas comosus (L) Merr) Smooth Cayenne Berdasarkan Status Hara Tanah. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Salisburry, F. B and C.W. Ross. 1992. Plant Fisiology. Belmont, California: Wadsworth Publising Company.

Taiz, L and E. Zeiger. 2002. Plant Physiology. California: The Benyamin/Cummings Pub Co Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176