PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Nurul Senja

Sari


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar IPS siswa kelas VIII I
MTs Negeri Babakan-Ciledug Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar IPS, Ketuntasan belajar IPS, dan aktivitas belajar guru dan siswa pada pembelajaran
IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Apakah model
pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa
pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon? (2) Apakah
model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Babakan-Ciledug Kabupaten Cirebon?
Hasil penelitian pada siklus I hanya 11% siswa yang mendapatkan nilai 75, berarti
belum memenuhi target ketuntasan belajar klasikal. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 56,52
masih di bawah KKM dan aktivitas guru hanya mencapai 47% dan aktivitas belajar siswa
43%. Siklus II ada 30% yang mendapat nilai 75 dengan rata-rata kelas 69,57 masih di
bawah nilai KKM. Aktivitas guru mengalami peningkatan 60% dan aktivitas belajar siswa
pun meningkat 67%. Siklus III yang mendapat nilai 75 sebanyak 93% dengan rata-rata 90,2.
Berarti ketuntasan klasikal telah tercapai dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai target
KKM. Aktivitas guru mencapai 75% dan aktivitas belajar siswa mencapai 85%.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176

execute(); ?>