UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA FKIP UNSWAGATI CIREBON PADA KONSEP FLUIDA STATIS

Dede Tri Kurniawan, Tarmidzi Tarmidzi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains dan penguasaan
konsep mahasiswa calon guru matematika yang dilakukan melalui model pembelajaran
berbasis masalah berbantuan komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah weak
experiment rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Designâ€. Penelitian ini akan
dilaksanakan pada pokok bahasan fluida statis pada matakuliah fisika umum di proram studi
pendidikan matematika FKIP Unswagati cirebon tahun pelajaran 2014/2015. Subyek
penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah masing-masing sebanyak 36 mahasiswa. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data keterampilan proses sains, penguasaan konsep
dan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran. Uji hipotesis penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan uji t pada N-gain penguasaan konsep dan keterampilan proses sains
setelah dilakukan pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer.
Kata kunci : penguasaan konsep, keterampilan proses sains, komputer, Model
pembelajaran berbasis masalah


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176

execute(); ?>