PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KERINCI

Sahreni Sahreni, Warni Warni, Agus Salim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 4 Kerinci. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Setelah didapatkan kemudian data dianalisis dengan tiga tahap yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa indonesia khususnya materi puisi dengan menggunakan media gambar animasi termasuk kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa meningkat, yang awalnya nilai rata-ratanya pretest kelas eksperimen 53 setelah dilakukan posttest nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 begitu juga kelas kontrol nilai pretest 49 dan posttestnya 82. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh saat mengunakan media gambar animasi sebagai media pembelajaran pada materi puisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas (signifikan) yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 0.000, maka Ho ditolak, artinya ada terdapat pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Dari hasil penelitin yang diperoleh, sebagai bahan masukan untuk guru memilih media yang baik untuk pembelajaran menulis puisi yaitu dengan menggunakan media gambar animasi.

Keywords


Media Gambar Animasi; Keterampilan Menulis; Puisi

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Nomor 4.

Hatmo, T. K. 2021. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia: Lakeisha

Mahnun, N. 2012. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, Volume 37, Nomor 1.

Nazmi, M. 2017. Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geogrfi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 17, Nomor 1.

Setiawan, P. E. K. dan Andayani. 2019. Strategi Ampuh Memahami Puisi Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya: Eduvision




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.7085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sah reni
execute(); ?>