PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS DALAM TEKS EKSPLANASI DI SMA

Arie . Setyadharma, Jaja . Jaja

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator penilaian autentik berbasis HOTS yang terdapat dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA, mendeskripsikan bentuk penilaian autentik berbasis HOTS yang terdapat dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA saat ini, mendeskripsikan rancangan pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA, dan mengetahui kelaikan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengacu kepada metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembagan, implementasi, dan evaluasi. Produk pengembangan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam teks eksplanasi di SMA yang meliputi kisi-kisi penyusunan soal, lembar soal, dan rubrik penilaian. Instrumen penilaian yang penulis kembangkan divalidasi oleh dosen ahli dan praktisi. Validasi tersebut meliputi empat aspek yaitu aspek materi, konstruksi, kebahasaan, dan aturan tambahan. Hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli dan praktisi menyatakan bahwa instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam teks eskplanasi di SMA yang penulis kembangkan laik digunakan sebagai instrumen penilaian di SMA.

Keywords


Instrumen Penilaian, Penilaian Autentik, Penilaian HOTS, Teks Eksplanasi

References


Anderson, & Krtahwohl, D. (2011). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Branch, Robert M. 2012. Instructional Design: The ADDIE Approach.

Dhewa Kusuma, M. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. IOSR-JRME (IOSR Journal of Research & Method in Education), 7 (1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Majid, Abdul. 2015. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. A. (2019). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal). Jakarta: Grasindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Purwanto, Ngalim. 2017. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group BP.

Rosayu, Witgia Indah., Jaja. 2019. Pengembangan Penilaian Autentik Keterampilan di Sekolah Dasar. Jurnal Tuturan Vol 8, No. 1 diambil dari http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/2679 (06 Agustus 2020).

Rusdiana, A. 2018. Penilaian Autentik (Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya). Bandung: Pustaka Setia.

Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tangerang: Tira Smart.

Setyosari, Punaji. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutanto, & Retnawati. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOST Peserta didik SMA. Riset Pendidikan Dan Matematika, 3 (2).

Syafiudin, Sumiati. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Bahasa Indonesia. Kemendikbud.

Tegeh, I Made, et. al. 2015. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahidmurni. (2018). Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3 (1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jisae/article/view/4859.

Yani, Ahmad. 2019. Cara Mudah Menulis Soal HOTS. Bandung: PT Refika Aditama.

Yustinah. 2017. Produktif Berbahasa Indonesia. Kudus: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.6913

Refbacks



Copyright (c) 2022 Arie Setyadharma
execute(); ?>