PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Ety Suhaety SMA NEGERI 3 Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jt.v8i2.2959

Kata Kunci:

Menulis Cerpen, Metode EGP

Abstrak

Metode pembelajaran di kelas merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan di kelas yang dapat digunakan untuk mengajak peserta didik memperoleh kesan yang lebih mendalam dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan cerpen. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran di kelas terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Cirebon tahun 2019/2020, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan metode pembelajaran kelas dengan pendekatan mixing methods (metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif), mendeskripsikan hasil kerja siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Cirebon tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat setelah guru menerapkan metode EGP (Emosional, Gerak cepat, Perevisian).

Referensi

Agustian, A.G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual ESQ Jilid 1. Jakarta: PT Arga Tilanta.

Andayani, K., Pratiwi, Y. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kreatif dan Inovatif. Malang: UM Press.

Fitria, E., Nasution, R., Fajarianto, O., & Ainal Wardah, N. (2019). Increasing Ability Reading by Flash Card Method in Children Age 5-6 Years in Kindergarten Kasih Ibu Kec. Periuk Kota Tangerang. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iclick-18.2019.79

Santoso, A. 2013. Pendalaman Materi Bahasa Indonesia. Malang: UM Press.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-30

Citation Check