Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon Tahun Pelajaran 2016-2017

Yuni Kristyati

Abstract


Metode  Pembelajaran di Luar Kelas merupakan suatu metode  pembelajaran yang dilakukan di Luar Kelas yang dapat digunakan untuk mengajak siswa secara langsung mengamati objek dengan menggunakan panca indranya sehingga memperoleh kesan yang lebih mendalam dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan deskripsi.

Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode  pembelajaran di luar kelas terhadap  kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMAN 8 Cirebon tahun pelajaran 2016-2017, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam  pembelajaran menulis teks  deskripsi dengan metode   pembelajaran di luar kelas, mendeskripsikan  karakteristik  teks deskripsi hasil kerja siswa kelas X SMAN 8 Cirebon tahun pelajaran 2016-2017

Desain penelitian ini menggunakan control group pre-test-post-test. Artinya, di dalam penelitian ini subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan  metode  pembelajaran di luar kelas dalam menulis karangan deskripsi sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metode pembelajaran di luar kelas dalam menulis karangan deskripsi

Dari hasil perhitungan menggunakan uji t memperlihatkan bahwa thitung 5,620 dan ttabel taraf signifikan 5% adalah 1,92. Hal ini menunjukkan bahwa hasil H1 diterima dan H0 ditolak.


Keywords


metode pembelajaran di luar kelas, menulis deskripsi

References


Atar Semi.2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa.

Alwasilah,Ch. Dan Alwasilah ,S.Z.2007. Pokoknya Menulis. Bandung : PT Kiblat Utama.

Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Bandung : Ranieka Cipta.

Brotowijoyo,Mukayat D.2002. Penulisan Karangan Ilmiah edisi Revisi.Jakarta: Akademia Pressindo.

Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka.

Dewi,Niken Mutiara. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Pembelajaran Luar Kelas ( Outdoor Study) di Ndayu Park pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Karang Malang Sragen Tahun Ajaran2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Finoza,Lamuddin. 2013. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Cendekia.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta : Andi Offset.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jauhari, Heri.2013. Terampil Mengarang. Bandung : Nuansa Cendekia.

Kemendikbud.2014. Bahasa Indonesia sebagai Wahana Pengetahuan. Jakarta : Puskur Kemdikbud.

Keraf. Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende : Nusa Indah.

Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran : Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta : Ombak.

Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta : Gagas Media.

Mahsun. 2014.Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marahimih, I. 2001. Menulis Secara Popular. Jakarta : Pustakajaya.

Marlangen, Retno. 2013. Pengaruh Metode Sugestopedia Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 GegesikTahun Pelajaran 2012/2013. Tesis tidak diterbitkan. Cirebon : Jurusan Bahasa Indonesia Progam Pascasarjana, Universitas Swadaya Gunung Jati.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Bahasa dan Seni, Uneversitas Negeri Semarang.

Sugiyono,2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukasworo, I, dkk. 2003. Bahasa Indonesia (Mutiara Gramatika Bahasa dan Sastra Indonesia ). Untuk SMA/ MA kelas X. Jakarta : PT. Piranti Darma Kalokatama.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar di Luar Kelas ( Outdoor Study). Yogyakarta : Diva Press.

Zainurahman, 2013. Menulis : Dari Teori Hingga Praktik. Bandung :Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v8i2.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuni Kristyati
execute(); ?>