PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING BERMEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA MTs NEGERI JATIBARANG INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Irah Surlani, Bachrudin Musthafa, Vismaia S. Damaianti

Abstract


Menulis cerpen bukan hanya sekedar kegiatan berbahasa, tetapi juga sebagai alat untuk berpikir dan wadah untuk menyampaikan hasil pemikiran. Dengan demikian, menulis cerpen sebagai kegiatan berbahasa, mempunyai kaitan yang positif dengan berpikir kreatif. Metode latihan terbimbing merupakan cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu dengan memberikan bantuan yang terus menerus dan sistematis dengan memperhatikan potensi-potensi yang ada pada individu untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan keterampilan. Penggunaan media cerita bergambar diharapkan membuat siswa mudah dalam mengembangkan ide, gagasan, pikiran yang akan siswa tuangkan ke dalam sebuah tulisan dalam bentuk cerpen. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas 7 MTs Negeri Jatibarang dengan metode latihan terbimbing bermedia cerita bergambar.

Metode latihan terbimbing bermedia cerita bergambar sangat tepat digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen terlihat dari perubahan hasil belajar sebelum dilakukan proses pembelajaran (tes awal) nilai rata-rata sebesar 56,53 dan nilai rata-rata tes akhir sebesar 80,14. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode latihan terbimbing bermedia cerita bergambar sebesar 23,16.

Keywords


peningkatan kemampuan menulis cepen, metode latihan terbimbing, bermedia cerita bergambar

References


Arief Sadiman S, dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengem-bangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prak-tik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembela-jaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basuki Wibowo, Farida mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Mau-lana.

Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka

Farida Nur’aini. 2010. Membentuk Karakter Anak Dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.

Jabrohim, Chairul Anwar dan Suminto A. Sayuti. 2003. Cara Menulis Kreatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Nadeak, Wilson. 1989. Bagaimana Menulis Cerita Cerpen. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Nugiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurudin. 2010. Menulis Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta : Kanisius.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sri Anitah. 2009. Metode Pembela-jaran. Surakarta: UNS Press.

Staton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo. 2007. Apresiasi Kesusas-traan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Ber-bahasa. Bandung: Angkasa.

Thahar, Harris Efendi. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek: Bandung: Angkasa.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo

Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta : Grasindo.

Yunus, Muhammad dan Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v8i1.2682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Tuturan
execute(); ?>